Website untuk Anime Lovers Indonesia! Berita Anime, Manga, Game, Cosplayer dan Jepang.

Apa Itu Alkimia (Alchemy)? Adakah di Dunia Nyata?

0 1.015

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Banyak cerita anime dan manga yang bercerita tentang Alkimia, tapi dari sekian banyak judul anime, ada yang lebih masuk akal ilmunya. Alkimia yang akan kita bahas adalah alkimia yang digunakan dalam Full Metal Alchemist. Alkimia di anime ini bekerja dengan prinsip pertukaran yang setara dan memiliki teknik yang berbeda jika dibandingkan dengan anime lainnya.

Manusia tidak dapat memperoleh apa pun tanpa terlebih dahulu memberikan sesuatu yang bernilai sama yang merupakan aturan pertama alkimia.

“Umat manusia tidak bisa mendapatkan apa-apa tanpa terlebih dahulu mengorbankan sesuatu sebagai balasannya. Itulah hukum pertukaran yang setara dengan Alchemy”

Alkimia adalah ilmu memahami sesuatu properti pada tingkat unsur kemudian membuat mereka menjadi sesuatu yang baru. Karena itu ada tiga langkah utama dalam alkimia.

# 1. Analisis: menganalisis sifat-sifat zat yang ingin Anda transmutasi.
# 2. Penguraian: penguraian atau penghancuran properti zat yang dipilih.
# 3. Rekonstruksi: merekonstruksi atau mengomposisi ulang bahan-bahan yang dipecah menjadi zat baru.

Betapapun berbakatnya sang alkemis, ada satu hukum yang tidak bisa dilanggar: pertukaran setara. Dengan kata lain: Anda tidak dapat menggunakan bahan-bahan dalam daun untuk membuat tempat tidur atau menggunakan bahan-bahan tempat tidur untuk membuat rumah. Anda hanya dapat mengubah bentuk, model, atau massa dengan mengurangi, tetapi Anda tidak dapat menambahkan massa tanpa memberikan sesuatu sebagai balasannya.

Setelah hukum-hukum ini dipahami, Alkemis dapat menciptakan berbagai hal besar seperti kursi, tembikar, memperbaiki barang-barang, membuat senjata, dll. Alkimia juga dapat digunakan untuk mentransmutasikan pada makhluk hidup, tetapi bahkan ini memiliki aturan tertentu tentang hal itu. Untuk satu, manusia dapat mentransmutasikan beberapa hewan bersama-sama untuk menyusun chimera, tetapi alkemis bukanlah dewa dan makhluk-makhluk ini melenceng dari desain aslinya karena banyak dari mereka yang kesakitan, sengsara dan menderita karena apa yang telah terjadi. Manusia juga dapat menggabungkan manusia dengan hewan yang juga akan dianggap chimera, tetapi pada tingkat yang lebih kompleks. Namun, manusia tidak dapat mengubah orang kembali hidup. Dan berusaha melakukan hal itu memiliki dampak yang serius. Tindakan ini disebut transmutasi manusia.

Karena risiko serius melakukan transmutasi manusia, alkemis telah mengetahui caranya setelah para filsuf mengetahui benda legendaris yang dapat mem-bypass hukum ini serta hukum-hukum alkimia lainnya, tetapi metode untuk membuatnya sangat susah dan kontroversial karena memerlukan kehidupan manusia untuk membuat hanya satu batu.

Lalu adakah alkimia dalam dunia nyata? jawabannya tentu saja ada, dan tentu tidak se-ekstrim yang ada di anime dan manga. Alkimia hanya memiliki sedikit kaitan dengan Kimia, dan lebih banyak lagi berkaitan dengan Herbologi, Meditasi, dan Pengembangan Chakral.

Dalam praktik umum Laboratorium, seorang Alkemis akan menggunakan rendisi obat herbal untuk membuat obat-obatan yang disebut Elixirs. Ramuan ini dapat digunakan sebagai suplemen, salep, atau obat-obatan dan dapat mencapai tingkat potensi astronomi.

Jika kalian membaca manhwa atau light novel Tale of demon and god, pasti tahu tentang Nie Li, selain pandai membuat elixir juga pandai dalam membuat bom (kimia).

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Loading...
Comments
Memuat...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More