Website untuk Anime Lovers Indonesia! Berita Anime, Manga, Game, Cosplayer dan Jepang.

Apa itu Chanoyu? Upacara Minum Teh

0 15

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Apa itu Chanoyu –  Chanoyu adalah seremoni minum teh. Awal mula munculnya upacara minum teh adalah dari Cina yang masuk ke Jepang pada jaman Nara. Kemudian dikembangkan oleh Sen no Rikyu di Jepang pada abad ke-16. Berdasarkan kebiasaan ajaran Zen yang mengajarkan ketenangan, keteraturan dan rasa estetika yang tinggi.

Pada jaman Muromachi upacara minum teh semakin digalakan dalam kalangan istana terutama pada masa kekuasaan shogun Ashikaga Yoshimasa. Pada masa ini muncul filosofi selain keselarasan juga mengandung kedisiplinan. Selanjutnya pada masa kekuasaan Toyotomi Hidetoshi didirikan sekolah minum teh, yakni Ura senke, Omote senke, Mushakoji senke. Upacara minum teh yang diadakan didalam ruangan dinamai Cha No Yu dan diluar ruangan dinamai Nodate.

Pada zaman modern upacara minum teh telah berganti nama menjadi 茶道 sadō, chadō, atau jalan teh yaitu ritual tradisional Jepang dalam menyajikan teh untuk tamu. Proses meramu teh harus disiapkan oleh orang yang telah mendalami seni upacara minum teh. Kemudian teh tersebut akan diberikan kepada para tamu yang ada diruangan itu.

Selain menyediakan teh yang enak, tuan rumah juga harus menyediakan ruangan yang nyaman, sejuk dan enak dilihat. Sebagai contohnya ruangan bertatami serta dilengkapi dengan lukisan dinding (kakejiku), rangkaian bunga (chabana), dan mangkuk keramik yang sesuai dengan musim serta status tamu yang diundang.

Tujuan dari upacara minum teh tidak hanya sebatas menuangkan air panas dan diminum, melainkan mempunyai nilai seni dalam arti luas. Melalui upacara minum teh kita akan mengetahui kepribadian dan pengetahuan tuan rumah tentang tujuan hidup, agama, cara berpikir, serta apresiasinya terhadap peralatan upacara minum teh dan caranya menata benda seni yang ada di ruangan upacara minum teh (chashitsu) dan berbagai pengetahuan seni secara umum.

Seni upacara minum teh memerlukan pendalaman dan latihan selama bertahun-tahun untuk mencapai penyempurnaan yang dapat berlangsung seumur hidup. Selain itu, tamu yang diundang secara formal untuk upacara minum teh juga wajib mempelajari tata krama, kebiasaan, basa-basi, etiket meminum teh dan menikmati makanan kecil yang dihidangkan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Loading...
Comments
Memuat...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More