Website untuk Anime Lovers Indonesia! Berita Anime, Manga, Game, Cosplayer dan Jepang.

Apa itu Haki, Jenis Haki dan Penggunanya

0 6

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Apa itu Haki, Jenis Haki dan Penggunanya – Haki adalah kemampuan khusus yang ada pada semua makhluk hidup, tetapi hanya sedikit yang benar-benar dapat memanfaatkan. Haki merupakan kemampuan yang bisa memprediksi gerakan, memerintahkan kehendak orang lain, dan menyerang dengan cara membatalkan kekuatan Buah Iblis.

Apa Itu Haki

Haki (覇 気) adalah kemampuan khusus yang diperkenalkan dalam seri One Piece oleh Eiichiro Oda. Serial ini mulai serialisasi pertama di Weekly Shonen Jump pada 4 Agustus 1997. Contoh paling awal dari kekuatan ini adalah dalam One Piece Volume 1 CH. 1 “Romance Dawn”, dan penampilan anime dalam One Piece – Episode 4 “Luffy’s Past! Enter Red-Haired Shanks!”. Kekuatan itu tidak disebutkan namanya pada saat itu, kekuatan lain ditunjukkan pada Arc Skypiea yang dimulai pada Volume 26, dan hanya secara resmi dinamai dalam Arc Kepulauan Sabaody yang dimulai pada Volume 50.

Haki adalah kekuatan yang telah dimunculkan sebagai tandingan seimbang melawan kemampuan Buah Iblis. Awalnya dianggap kemampuan langka, tetapi kemudian terungkap sebagai kekuatan yang ada di semua makhluk hidup. Hanya saja tidak semua orang memiliki kemampuan untuk membangkitkannya. Beberapa bahkan dapat menjalani seluruh hidup mereka tanpa mencapai kekuatan ini, bahkan jika mereka mencobanya.

Ada tiga bentuk Haki yang berbeda. Satu yang memungkinkan Anda untuk memprediksi gerakan seseorang, yang dapat mengintimidasi lawan, dan yang lain yang dapat digunakan untuk menyerang. Karena kekuatan alami dan kelemahan individu, orang cenderung mengeluarkan kemampuan Haki yang paling sesuai dengan kepribadian mereka. Haki (覇 気) secara harfiah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai “Ambisi”. Awalnya, FUNimation menggunakan terjemahan literal untuk karya terjemahan mereka. Perubahan itu kemudian diubah menjadi “Haki”.

Pertama kali diyakini bahwa kemampuan Haki hanya diperkenalkan setelah busur Thriller Bark. Dalam adegan di mana Luffy menyebabkan hewan kerbau besar Duval pingsan. Bahkan, kemampuan ini mungkin berasal dari Volume 1 dari manga dan Episode 4. Dalam adegan di mana Shanks menyelam untuk menyelamatkan Luffy dan monster Raja Laut lokal mengambil lengannya. Dia bisa menakuti monster ini hanya dengan melihat dari matanya dan memerintah hewan itu untuk pergi. Di Pulau langit (skypie) kekuatan Haki dikenal di tanah mereka sebagai Mantra.

Jenis Haki

Observasi Haki (Kehadiran)

Boa Sadersonia menggunakan Observasi Haki menghindari serangan luffy

Pengamatan Haki (見聞 色, Kenbunshoku / Warna Pengamatan) adalah kekuatan untuk memprediksi gerakan seseorang, tetapi hanya apa yang langsung ada di pikiran. Kekuatan ini juga dikenal di Kepulauan Langit sebagai Mantra. Jika kekuatan ini menguat, seseorang bahkan bisa merasakan kehadiran dan jumlah orang lain yang bahkan tidak terlihat.

Armament Haki (Fighting Spirit)

Rayleigh menyerang dengan Armament Haki

Armament Haki (武装 色, Busoushoku / Color of Armor) adalah kekuatan serangan. Kekuatan ini telah terbukti mampu menyerang tubuh secara langsung dan tidak ada kekuatan Buah Iblis yang terbukti mampu bertahan melawannya. Ini termasuk tipe Logia yang kuat. Bahkan tubuh karet Luffy atau tubuh Laksamana Kizaru tidak memiliki kekebalan terhadap kekuatan ini. Haki ini seolah-olah membuat penggunanya mengenakan baju besi tak terlihat.

Serangan berbasis senjata:

Panah yang di infus dengan Haki

Dengan bentuk Haki ini. seorang pengguna dapat memasukkan kekuatan Haki kedalam senjata. Seperti yang terlihat ketika Silvers Rayleigh menggunakan pedang logam melawan pedang cahaya Laksamana Kizaru. Dipercaya juga bahwa kekuatan ini dapat ditambahkan ke peluru, di antara senjata proyektil lainnya.

Di pulau Amazon Lily di lautan Calm Belt dunia. Meskipun Kuja Amazon sebagian besar belum pernah mendengar tentang kekuatan Buah Iblis. Kekuatan Haki terkenal. Tampaknya semua pejuang pulau mampu menginfus panah mereka dengan Busoushoku Haki. Panah yang telah d infus dengan Haki dapat memiliki kekuatan yang sangat kuat dan meledak saat terkena lawan/objek.

Conqueror Spirit (Intimidasi)

Conqueror Spirit Shanks saat bertemu Shirohige

Kemampuan yang disebut Roh Penakluk (覇王 色, Haoushoku Haki), adalah kekuatan untuk memerintah dan mengendalikan kehendak orang lain. Ini adalah kemampuan yang kemungkinan besar ditemukan pada mereka yang mendapatkan ketenaran di dunia. Ketika digunakan, kekuatan ini akan menyebabkan orang di sekitar pengguna pingsan atau bahkan mengontrol kehendak orang tersebut untuk waktu yang singkat. Ini adalah taktik intimidasi yang tidak boleh disalahgunakan, karena akan mempengaruhi semua yang ada di sekitarnya. Meskipun di Kepulauan Sabaody, Silvers Rayleigh hanya mampu membuat orang-orang yang dia mau pingsan. Ini adalah salah satu bentuk Haki yang paling langka, tetapi tidak dapat dilatih atau diperkuat. Itu diukur oleh semangat pengguna sendiri, dan diperkuat melalui pertumbuhan pribadi.

Haoushoku Haki (覇王 色) secara harfiah diterjemahkan menjadi Conqueror’s Color.

Pengguna Haki yang Dikenal

Haki adalah kekuatan yang dimiliki semua manusia, akan tetapi hanya sedikit karakter di One Piece yang terbukti mampu memanfaatkan keterampilan ini dan menggunakannya. Bahkan lebih sedikit yang menunjukkan kemampuan untuk menggunakan semuanya sekaligus.

Shanks

Shanks of the Red-Haired Pirates adalah salah satu pengguna Haki yang paling awal diketahui. Bukan hanya dalam kemampuan untuk mengintimidasi Sea King, tetapi rata-rata orang di hadapannya memiliki kecenderungan untuk pingsan. Ini berbicara pada tingkat kekuatan yang dimilikinya. Dia juga bisa membatalkan serangan Buah Iblis Akainu dengan pedangnya.

kekuatan Haki: Armament Haki / Conqueror’s Spirit

Monkey D. Luffy

Monkey D. Luffy dari Bajak Laut Topi Jerami adalah pengguna Haki pertama yang dikonfirmasi dari seri One Piece. Di masa lalu dia sebagian besar tidak menyadari kekuatan ini dan tidak pernah menggunakannya dengan sengaja. Haki Yang pertama kali dia tunjukkan untuk digunakan adalah Spirit Conqueror. Dia kemudian dilatih untuk menguasai semua bentuk Haki oleh Silvers Rayleigh.

kekuatan Haki: Observasi Haki / Armament Haki / Conqueror’s Spirit

Silvers Rayleigh

Silvers Rayleigh adalah mantan anggota kru bajak laut Gold Roger, tetapi sekarang menjadi insinyur pelapis di Sabaody Archipelago. Dia adalah pengguna pertama Haki di mana kekuatan itu diperkenalkan sebagai Haki. Dia telah terbukti mampu membuat target spesifik pingsan dan bertarung dengan pengguna Buah Iblis dengan tangan kosong dan pedang biasa.

Kekuatan Haki: Observasi Haki / Armament Haki / Conqueror’s Spirit

Edward Newgate

Edward Newgate juga dikenal dunia sebagai Shirohige, dan merupakan kapten dari Bajak Laut Shirohige. Dia adalah salah satu Bajak Laut yang paling ditakuti dan anggota dari Empat Kaisar (yonkou). Selama perang antara Marinir dan Bajak Laut Shirohige, Shirohige menunjukkan kemampuan Armament Haki ketika ia berhasil menyerang dan melukai Laksamana Akainu. Senjata halbertnya juga ditunjukkan untuk memblokir kekuatan Buah Iblis.

kekuatan Haki: Armament Haki

Portgas D. Ace

Portgas D. Ace adalah anggota Bajak Laut Shirohige sebagai Komandan Divisi ke-2. Pada awalnya tidak diketahui bahwa dia memiliki kemampuan Haki sampai kisah diceritakan tentang bagaimana Ace dan Luffy menjadi saudara dalam ikatan. Dia tidak pernah ditunjukkan menyadari kekuatan ini.

Tampil Menggunakan: Conqueror’s Spirit

Boa Hancock

Boa Hancock bukan hanya empress Amazon Lily. Dia juga anggota Shichibukai, dan kapten Bajak Laut Kuja. Seperti halnya semua anggota Kuja Amazon, Boa memiliki kemampuan Armament Haki, tetapi ia telah dipastikan memiliki kemampuan Conqueror’s Spirit.

kekuatan Haki: Armament Haki / Conqueror’s Spirit

Boa Sandersonia

Boa Sandersonia adalah saudara perempuan dari Boa Hancock dan sesama anggota Bajak Laut Kuja. Dia memiliki kekuatan Armament Haki. Selama bertarung dengan Luffy, dia menunjukkan kemampuan Observasi Haki. Dia mampu memprediksi semua serangan luffy.

kekuatan Haki: Observasi Haki / Armament Haki

Boa Marigold

Boa Marigold adalah saudara perempuan lain dari Boa Hancock dan Bajak Laut Kuja. Selama pertarungannya dengan Luffy, dia menunjukkan kemampuan Armament Haki. Serangan fisik dan senjatanya terbukti menyebabkan rasa sakit yang luar biasa pada tubuh karetnya. Dia juga menangkis beberapa serangannya luffy.

kekuatan Haki: Armament Haki

Marine Admiral

Marine Admiral menggunakan beberapa kekuatan Haki. Mereka adalah Aokiji, Kizaru, dan Akainu. Satu-satunya kekuatan Haki yang ketiganya terbukti gunakan adalah Armament Haki. Mereka bertiga bersama-sama mampu membelokkan kekuatan gempa Shirohige selama perang. Aokiji sekarang tidak menjadi Admiral lagi, dia sudah keluar dari angkatan laut.

kekuatan Haki: Armament Haki

Monyet D. GARP

Monkey D. GARP adalah kakek dari Monkey D. Luffy dan Mantan Wakil Laksamana Marinir (pensiun). Satu-satunya kekuatan Haki yang dia perlihatkan adalah Armament Haki. Dia mampu memukul Luffy dan melukainya. Dia menggambarkannya sebagai “kepalan cinta”, tetapi tidak pernah memberi tahu Luffy tentang Haki.

kekuatan Haki: Armament Haki

Sentomaru

Sentomaru adalah asisten Dr. Vegapunk dan komandan Pasukan Pacifista. Dia nantinya akan menjadi anggota resmi Marinir. Dia dilatih di Armament Haki dan bisa membatalkan serangan pengguna buah iblis dengan serangan uniknya sendiri.

kekuatan Haki: Armament Haki

Coby

Coby adalah seorang marinir muda yang ingin menjadi anggota marinir sejak kecil. Dia diculik oleh Bajak Laut Kuja Alvida dan memaksanya untuk melayani mereka. Dia diselamatkan oleh Luffy dan mampu mengikuti mimpinya untuk menjadi anggota Marinir. Kekuatan Haki-nya terbangun selama perang antara Marinir dan Bajak Laut Shirohige karena dia bisa merasakan semua kematian di sekitarnya.

kekuatan Haki: Observasi Haki

Bajak Laut Kuja / Amazon

Bajak Laut Kuja dan Amazon Kuja adalah pengguna Armament Haki. Mereka telah terbukti mampu menanamkan panah mereka dengan Armament Haki untuk memberi dampak ledakan.

kekuatan Haki: Armament Haki

Aisa

Aisa adalah seorang gadis muda dari tanah Skypiea. Dari ketika dia lahir dia bisa menggunakan kemampuan Observasi Haki, tetapi orang-orang di white sea mengetahui kekuatan ini sebagai Mantra. Dia bisa mendengar suara orang lain dan mengetahui perasaan dan tindakan orang-orang di sekitarnya.

kekuatan Haki: Observation Haki (Mantra)

Dewa Eneru (Enel)

Dewa Eneru adalah penguasa tirani Skypiea sampai ia dikalahkan oleh Luffy. Dia menguasai kekuatan Observation Haki yang dapat ditingkatkan dengan menggunakan kekuatan Buah Iblisnya yang berbasis listrik. Ini memungkinkan dia untuk mendengar pikiran orang lain dari jarak yang jauh dan memberinya ilusi kekuatan Dewa.

kekuatan Haki: Observation Haki (Mantra)

Pendeta Eneru

Para pendeta Dewa Enel telah dilatih dalam penggunaan Mantra, tetapi sebagian besar tidak mampu menggunakannya dengan sangat mahir. Anggota para pendeta adalah Ohm, Gedatsu, Syura, dan Satori.

kekuatan Haki: Observation Haki (Mantra)

Selain itu pengguna Haki lainnya adalah Trafalga Law, Eustass Kid, Zoro, Sanji, Yonkou dan para anak buahnya dengan jabatan Kapten. Dan masih banyak lagi, Namun pengguna Haki Conqueror’s Spirit jumlahnya sangat terbatas.

Haoshoku Haki
Busoshoku Haki

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Loading...
Comments
Memuat...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More