Apa itu Mono no Aware? arti dan penjelasannya

0 1.030

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Mono no Aware adalah konsep yang pada dasarnya berarti ‘kepekaan terhadap sesuatu’ dan itu terkait dengan semua bentuk seni. Ini adalah elemen kunci untuk memahami budaya Jepang.

Istilah sadar muncul selama Periode Heian untuk menggambarkan kepekaan terhadap hal-hal fana (seperti mengetahui bunga sakura yang indah tidak akan bertahan selamanya) dan nostalgia bagi orang-orang (merindukan cinta yang hilang).

Istilah lengkap dikembangkan selama Periode Tokugawa (1603-1868) oleh Motôri Norinaga, anggota Kokugakushu (Sarjana Studi Nasional). Bagi Norinaga, yang mendefinisikan budaya Jepang adalah kemampuan unik untuk memahami realitas, alam, dan objek tanpa campur tangan orang lain; dengan demikian mengembangkan empati, yang membantu memahami realitas.

Jadi, melalui bahasa, koneksi ini dapat terjadi. Hasil dari koneksi ini dapat diturunkan dalam Haiku, pengaturan Ikebana, dll.: Setiap bentuk seni atau ekspresi budaya adalah cara mengalami realitas dan koneksi ke dunia.

Mono no aware juga menetapkan bahwa kecantikan itu subyektif, bukan objektif. Kecantikan adalah kondisi, bukan pengalaman.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments
Memuat...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More