Arti dan Pengertian Omnibus Format di Anime Harem

0 1.021

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Omnibus Format adalah gaya tayangan serial anime harem di mana kesimpulan dari Arc kandidat romantis menjamin seluruh dunia (kisah) diatur ulang untuk yang berikutnya. Semua perkembangan romantis dengan kandidat sebelumnya dibatalkan demi yang berikutnya. Contoh Omnibus: Amagami SS, Yosuga no Sora.

Format omnibus adalah sarana populer untuk studio animasi untuk membongkar anime harem sedemikian rupa sehingga protagonis dapat mengadili beberapa kandidat romantis tanpa konflik dan tanpa memiliki banyak pasangan sekaligus.

Pendekatan Omnibus Format Airing

Amagami SS

Amagami SS adalah anime pertama di mana istilah “format omnibus” diciptakan. Dengan demikian, skema penayangan Amagami SS adalah format omnibus dalam bentuknya yang paling murni: masing-masing pahlawan wanita memiliki arc 4 episode di mana pertemuan romantis mereka selesai. Dengan kesimpulan masing-masing pertemuan, alam semesta akan diatur ulang untuk memulai pertemuan romantis pahlawan wanita berikutnya. Semua kenangan tentang momen yang terjadi selama arc 4-episode juga dihapus.

Pada dasarnya, ini menciptakan cerita pendek dan mandiri:

Episode 1-4: Haruka Morishima Arc
Episode 5-8: Kaoru Tanamachi Arc
Episode 9-12: Sae Nakata Arc
Episode 13-16: Arc Ai Nanasaki
Episode 17-20: Arc Rihoko Sakurai
Episode 21-24: Arc Tsukasa Ayatsuji
Episode 25 *: Risa Kamizaki Arc

* Risa adalah satu-satunya tokoh wanita yang memiliki satu episode karena rutenya sebenarnya adalah kunci pembuka rahasia dalam game simulasi kencan yang didasarkan anime.

Yosuga no Sora

Yosuga no Sora juga ditayangkan dalam format omnibus, kecuali pendekatannya sangat berbeda.

Alih-alih secara ketat mempertahankan satu episode yang ditetapkan untuk satu pahlawan wanita, ada beberapa kejadian dalam penayangan ketika beberapa pahlawan dunia berbagi pengalaman satu episode. Dengan ini, studio animasi dapat menyesuaikan cerita dari empat pahlawan wanita dalam dua belas episode sedemikian rupa sehingga setiap kisah pahlawan wanita benar-benar meliputi setidaknya empat episode. (Tokoh utama, Sora, memiliki Arc-nya sebenarnya mencakup lima episode.)

Episode 1-4: Akira Amatsume Arc
Episode 1-2, 5-6: Arc Kazuha Migiwa
Episode 1, 7-9: Nao Yorihime Arc
Episode 1, 7,10-12: Sora Kasugano Arc

Keuntungan dari Format Omnibus

Format omnibus memungkinkan studio animasi untuk bekerja lebih cepat dan efisien dengan adaptasi bahan sumber dari game simulasi kencan dan novel visual karena menghilangkan kebutuhan bagi penulis untuk menulis di sekitar masalah plot yang jelas yang terlibat dengan protagonis dan potensi harem yang akan bertentangan dengan jalan cerita yang mereka kerjakan.

Dengan  visual key berbasis novel Clannad, misalnya, yang tidak ditayangkan dalam format omnibus, studio animasi harus bekerja di dua rute pahlawan lain dalam animasi video asli satu-episode yang terpisah, membatasi perkembangan romantis dengan para pahlawan wanita menjadi segmen 20 menit.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments
Memuat...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More