Website untuk Anime Lovers Indonesia! Berita Anime, Manga, Game, Cosplayer dan Jepang.

Apa itu Sistem kerja Arubaito? Kerja Paruh Waktu

0 15

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Sistem kerja Arubaito (Kerja Paruh Waktu) – Kata arubaito berasal dari bahasa Jerman arbeiten yang artinya ‘bekerja’. Di Jepang kata ini lebih populer digunakan untuk mengistilahkan kerja sampingan atau kerja paruh waktu. Arubaito umumnya dilakukan oleh seseorang yang tidak bermaksud untuk memiliki pekerjaan tetap, seperti ibu rumah tangga atau pun pelajar yang bekerja sambil kuliah misalnya. Jaman sekarang orang Jepang menyebut arubaito dengan kependekannya menjadi baito. Berarti kalau ingin mengatakan ‘bekerja sampingan’  sebagai kata kerja, maka menjadi baito suru.

Hampir semua perusahaan dan instansi membuka peluang arubaito. Disamping itu bahkan pemerintah pun menyarankan agar setiap perusahaan memberi peluang baito kepada warganya dengan tujuan setiap warga menjadi produktif dalam pemenuhan kebutuhannya. Dengan dilakukannya sistem arubaito, memungkinkan perusahaan untuk mengefisiensikan kinerja, tenaga, dan waktu. Keuntungan perusahaan adalah di samping sudah memiliki karyawan tetap berarti tidak perlu merekrut karyawan tetap lagi sehingga cukup melakukan penggajian pegawai baito dengan sistem honor per jam, dari segi efisiensi waktu, karyawan tetap bisa melakukan istirahat cukup untuk menyimpan tenaga sehingga bisa mengerjakan pekerjaan pokok  berikutnya karena terbantu oleh adanya pegawai baito.

Dengan adanya kesempatan arubaito banyak masyarakat Jepang memiliki kerja sampingan atau kerja paruh waktu di sebuah perusahaan, bahkan seorang mahasiswa bisa membiayai kuliahnya sendiri hanya dengan melakukan baito, sehingga tentu saja menjadikan pemuda Jepang umumnya mudah untuk meraih gelar dari jenjang perguruan tinggi. Makanya, persoalan kuliah atau lanjut study bukan masalah keuangan, karena uang bagi masyarakat atau pemuda Jepang mudah didapatkan hanya dengan baito.

Daftar tempat untuk kerja paruh waktu terpopuler di jepang

Bagi kalian yang sering nonton anime, pasti sudah sering liat karakter anime yang kerja sambilan di mini market, pom bensin maupun di MC Donal’s. Itulah arti dan pengertian dari baito atau kerja paruh waktu. Sedangkan untuk daftar tempat untuk kerja paruh waktu terpopuler di jepang adalah:

  1. Starbucks
  2. Tokyo Disney Resort
  3. Universal Studio Japan
  4. Mc Donald’s
  5. Lawson
  6. Seven Eleven
  7. Muji
  8. Family Mart
  9. Aeon
  10. Uniqlo

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Loading...
Comments
Memuat...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More