Budaya Baca Masyarakat Jepang

0 27

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Budaya Baca Masyarakat Jepang – Kemana pun kita pergi, hampir dipastikan di situ ada orang Jepang sedang membaca sesuatu, baca komik, novel, koran, majalah dan lain-lain. Membaca rupanya sudah menjadi pemandangan yang lumrah dalam masyarakat Jepang. Membaca bukan lagi dikatakan sebagai suatu hobi seseorang, melainkan sebagai kebiasaan umum yang sering dilakukan secara otomatis. Membaca dapat berarti suatu kegiatan yang bernialai rekreatif dan pelepas lelah bagi orang Jepang, karena konten yang disuguhkan umumnya diramu dengan gaya pembahasan yang lebih menarik dan ringan. Selain itu membaca dapat menjadi pengisi waktu luang, seperti saat menjelang berangkat ke kantor atau pulang dari kantor, atau sedang menunggu seseorang dan kegiatan-kegiatan lainnya.

manga atau komik dan novel. Namun demikian jenis bacaan lain pun tidak berarti kurang diminati karena umumnya bacaan-bacaan yang serius pun dikemas dengan kemasan yang begitu menarik. Misalnya ilmu pengetahuan seperti sejarah, matematika, fisika, dan sebagainya dikemas dengan model manga, sehingga pembaca merasa nyaman dan terhibur saat membacanya. Selain mengutamakan kemasan yang ditinjau dari segi persuasifnya, buku-buku Jepang juga memperhatikan genre mana yang akan diangkat, untuk siapa buku tersebut diterbitkan dengan tujuan segala usia dapat menikmati bacaan tersebut. Sebagai contoh, ada komik khusus anak-anak, juga ada komik khusus dewasa, komik untuk politikus, komik untuk kedokteran dan lain sebagainya, sehingga semua kalangan bisa menikmati bacaan tersebut sesuai keinginan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments
Memuat...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More