Empat Simbol Konstelasi Cina, Inspirasi Jalan Cerita Anime

0 1.042

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Bagi para pengemar anime yang menyukai budaya / mitologi / astrologi Asia, pasti pernah menonton beberapa judul anime yang menjadikan mitologi cina sebagai inspirasi di balik sebagian besar jalan ceritanya. Sebagai contoh, kita tidak dapat melihat anime Dragonball dan Shinzo tanpa mitologi Journey to the West atau naruto tanpa mengetahui Kyubi (musang berekor 9). Nah, selain itu ada juga mitologi Asia yang telah mengilhami banyak top anime yaitu mitologi Empat Simbol Konstelasi cina.

Menurut Astrologi Cina, empat makhluk mitos – Naga Azure dari Timur (Qinglong / Seiryu), Burung Vermillion Selatan (Zhuque / Suzuka), Macan Putih Barat (Baihu / Byakko), dan Kura-kura Hitam dari Utara (Xuanwu / Genbu) – mewakili arah (seperti pada kompas) dan musim (naga = musim semi, burung = musim panas, harimau = musim gugur, dan kura-kura = musim dingin) serta karakteristik dan asal usul mereka sendiri. Di Cina, beberapa mengatakan bahwa mereka berhubungan dengan 5 Elemen (naga = kayu, burung = api, harimau = logam, kura-kura = air, dan pusat = bumi). Ada juga binatang ke-5 – Naga Kuning dari Pusat (Huáng-lóng / Kirin). Di Jepang, mereka dikenal sebagai Four Guardian Spirit of Kyoto (dan binatang ke-5 tidak ada). Jadi berapa banyak acara anime yang terinspirasi oleh konsep ini? Berikut daftar yang diketahui:

Shinzo: Walaupun ceritanya terinspirasi oleh Journey to the West, karakternya diinspirasi oleh Empat Simbol: Mursha = Burung, Sagu = Naga, Kutal = Harimau, dan Bika = Kura-kura (agak mirip).

Digimon Tamers: Dengan paruh kedua pertunjukan, sekelompok jahat Digimon menyebut diri mereka Deva, yang, melayani Digimon Sovereigns (juga berdasarkan pada empat simbol), percaya bahwa Digimon yang sejati tidak boleh berpasangan dengan manusia (yang kemudian terungkap bahwa mereka sebenarnya salah arah). Digimon Sovereign diberi nama sesuai nama Cinanya. Ada juga Digimon ke-5 yang mengawasi yang lain … yang semacam dijelaskan di Digimon Frontiers.

Digimon Sovereign ( Ebonwumon, Baihumon, Zhuqiaomon, Azulongmon, and Fanglongmon)

Yu Yu Hakusho: Di musim pertama, ada alur cerita ketiga yang disebut “The Saint Beasts”, di mana Yusuke dan Kuwabara melakukan perjalanan ke dunia iblis bersama Kurama dan Hiei untuk menghentikan Empat (Saint) Beasts dari menyerbu dunia manusia. Mereka adalah penjahat di seri itu, dan karakter mereka diberi nama Jepang daripada nama Cina.

The Four (Saint) Beasts (Seiryu the Blue Dragon, Byakko the White Tiger, Suzaku the Lightning Phoenix, and Genbu the Stone Turtle)

Selain itu ada juga digambarkan dalam anime Devil Survivor 2: The Animation, Tokyo Majin serta anime Beyblade yang mendunia.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments
Memuat...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

Kamu suka menulis seputar Anime, Manga, Otaku dan Jepang?

Langsung saja tulis artikelnya dan akan diterbitkan disini.

Tulis artikelmu di https://animelovers.id/submit/