Website untuk Anime Lovers Indonesia! Berita Anime, Manga, Game, Cosplayer dan Jepang.

Apa itu Hachimaki? Ikat Kepala Jepang

0 87

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Hachimaki adalah kain ikat kepala. Hachimaki adalah simbol semangat bangsa Jepang dalam bekerja. Kain ini pada mulanya sering diikatkan di kepala pada setiap perayaan sebagai simbol spirit kerja keras. Bagi para pekerja atau pelajar hachimaki membuat berkonsentrasi dalam pekerjaan atau dalam belajar. Setelah Perang Dunia II, hachimaki yang berlambang bendera Jepang (Hinomari hachimaki) sering dipakai oleh orang Jepang dalam setiap perayaan kenegaraan. Dan semakin terkenal ke seluruh dunia sejak novelis terkenal, Mishima Yukio melakukan bunuh diri dan di kepalanya mengenakanhachimaki.

Hachimaki dipakai seorang samurai dalam berperang, atau pun pada saat akan melakukan harakiri. Jaman sekarang, dalam perusahaan-perusahaan handuk kecil terkadang berfungsi sebagai hachimaki yang diikatkan di kepala.

Jika kalian suka nonton anime dengan genre sekolah pasti pernah melihat siswa yang menggunakan hachimaki saat belajar untuk persiapan ujian. Bahkan mangaka yang ingin konsentrasi menyelesaikan manuscript juga sering menggunakan hachimaki.

Hachimaki mempunyai beberapa jenis dan tergantung dari kegunaannya. Perbedaan hachimaki dapat dilihat dari tulisan yang terdapat pada kain. Tulisan tersebut menunjukan tujuan yang ingin dicapai sipengguna. Pada umumnya terdapat 6 jenis hachimaki dengan tulisan dan 1 yang polos hanya ada lambing bendera jepang.

Berikut ini contoh dari jenis-jenis hachimaki:

 Demikian artikel tentang Apa itu Hachimaki,  Jika artikel ini menarik, silahkan di share.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Loading...
Comments
Memuat...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More