Website untuk Anime Lovers Indonesia! Berita Anime, Manga, Game, Cosplayer dan Jepang.

Mengenal Budaya Antri Bangsa Jepang

0 15

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Mengenal Budaya Antri Bangsa Jepang – Sikap memahami dan menghargai kepentingan orang lain, memahami hak dan eksistensi orang lain di sekitarnya, memahami pekerjaan yang diembannya, mungkin menjadi beberapa faktor yang membuat orang Jepang lebih terbuka dan sadar untuk berprilaku disiplin. Prilaku disiplin melahirkan tatanan hidup bermasyarakat yang penuh tanggung jawab dan tertib karena sesuai dengan hukum moral yang selalu ditanamkan dalam keseharian hidupnya.

Ketertiban dalam berprilaku tercermin dalam budaya antri yang begitu mengakar secara otomatis dan menjadi kesadaran pribadi orang Jepang. Sikap ini melahirkan pola pikir yang senantiasa menganggap bahwa selain diri sebagai pribadi ada orang lain yang juga lebih memiliki hak untuk didahulukan sesuai proporsinya. Budaya disiplin dan rasa tertib menjadikan orang Jepang selalu berpikir segala sesuatu harus berjalan sesuai rencana dan aturan, sehingga apa yang dilakukan akan tertuntaskan dengan maksimal.

Apabila ada seseorang yang tidak sesuai aturan umum dalam masyarakat, maka orang itu akan dianggap ‘hen na hito’, (orang yang aneh) padahal mungkin bagi kita hal itu dianggap sepele, namun bagi orang Jepang, sedikit saja hal itu tidak sesuai dengan kebiasaan umum, sedikit menyimpang dari hukum moral yang berlaku secara otomatis, maka dalam pemikiran orang Jepang hal tersebut adalah sesuatu yang tidak dapat diterima.

Jika kalian pernah ke jepang atau menonton film/ drama jepang, pasti pernah melihat bagaimana orang jepang bersikap saat mengantri. Contoh paling mudah yang bisa kalian liat adalah saat mereka antri masuk ke dalam gerbong kereta dan antri di satu sisi escalator. Alasanya, sisi yang satu di khususkan bagi mereka yang ingin buru-buru karena telat atau ada urusan penting.

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Loading...
Comments
Memuat...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More