Website untuk Anime Lovers Indonesia! Berita Anime, Manga, Game, Cosplayer dan Jepang.

Sasaki Kojiro: Seorang Samurai Dengan Duel Yang Melegenda Di Negeri Jepang

Rate this post

Sasaki Kojiro, atau disebut juga Ganryu Kojiro, lahir sekitar 1585 (belum diketahui tanggal pasti kelahirannya -ed), di Prefektur Fukui. Dia adalah samurai yang hidup dari mulai jaman Sengoku sampai dengan awal masa Edo.

Kojiro memiliki dojo yang bernama Ganyru yang ia dirikan sendiri, sekaligus yang menjadi aliran pedang yang juga ia buat sendiri. Sasaki Kojiro belajar ilmu pedang Chujo-ryu dari Kanemaki Jisai yang tidak lain adalah murid Toda Seigen. Kanemaki Jisai sendiri adalah master dalam menggunakan Kodachi ( pedang kecil yang digunakan sebagai pendamping pedang Katana – ed). Kojiro menjadi lawan tanding bagi gurunya karena gurunya sendiri memakai Kodachi sedangkan Kojiro menggunakan Nodachi atau pedang panjang.

Patung yang mengingatkan pertarungan 2 Samurai legendaris, Sasaki Kojiro dan Miyamoto Musashi

Patung yang mengingatkan pertarungan 2 Samurai legendaris, Sasaki Kojiro dan Miyamoto Musashi

Kojiro mendirikan dojonya sendiri setelah memenangkan pertarungan dengan adik gurunya. Salah satu bukti kehebatannya dalam sejarah adalah pada tahun 1610. Karena kepopuleran dojonya, dan karena juga berhasil memenangkan banyak pertarungan, salah satunya adalah dia berhasil menang dari 3 lawan dengan hanya menggunakana Tessen, atau senjata kipas dari Jepang.

Kojiro mendapatkan kehormatan dari Hosokawa Tadoki untuk menjadi kepala persenjataan untuk Fief Hosokawa di utara Kyushu. Kojiro akhirnya mahir dan terkenal dengan senjatanya, Nodachi (Pedang Katana dengan ukuran yang lebih panjang – ed). Nodachi dengan panjang 90 cm yang dimiliki Sasaki Kojiro, adalah pedang yang panjang dan berat akan tetapi ia bisa menggunakan dengan cepat dan terarah, hal ini masih menjadi misteri bagaimana dia bisa mengontrol senjatanya dengan baik.

Pedang itu dibuat oleh Bizen Nagamitsu yang merupakan salah satu murid dari Masamune. Kojiro dan Musashi jelas sudah saling mengenal satu sama lain. Musashi juga mengakui Kojiro sebagai ahli pedang yang hebat, dan lawan yang tangguh. Mereka mengadakan duel, namun duel yang melegenda adalah duel di Pulau Ganryu.

Musashi yang mengetahui kepopuleran Kojiro, meminta Hosokawa Tadoki untuk mengatur duel diantara mereka. Akhirnya, pertarungan itu pun ditentukan di pulau Ganryujima yang terletak di antara pulan Honsu dan Kyushu. Tanggal pertarungan itu adalah 13 April 1612. Tsubame Gaeshi adalah tehnik pedang yang ditemukan oleh Kojiro, yang juga pendiri Dojo Ganyru.

Tehnik ini dilakukan dengan cara membalas tebasan lawan dengan cepat ke arah atas atau bawah dan kembali lagi ke atas dengan cepat. Ketika lawan menebaskan pedangnya, serangan di tahan dari samping dan kemudian menebas balik lawannya dan kembali ke posisi awal. Dia menemukan teknik ini ketika dia melihat burung layang-layangyang terbang di Jembatan Kintaibashi di Iwakuni.

Salah satu senjata dengan nama Tessen

Salah satu senjata dengan nama Tessen

Nodachi, merupakan pedang Katana dengan panjang sekitar 90 cm seperti yang digunakan oleh Sasaki Kojiro

Nodachi, merupakan pedang Katana dengan panjang sekitar 90 cm seperti yang digunakan oleh Sasaki Kojiro


Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recommended
Hina Matsuri, Perayaan Yang Ditujukan Bagi Anak Perempuan - Sebagai…
Loading...