Website untuk Anime Lovers Indonesia! Berita Anime, Manga, Game, Cosplayer dan Jepang.

Seni Membungkuk ala Jepang: Ojigi

0 21

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Seni Membungkuk ala Jepang – Ojigi (お辞儀) atau cara orang Jepang dalam memberi salam adalah bagian penting dalam budaya Jepang. Ojigi ini adalah tanda hormat yang diberikan oleh orang yang membungkuk. Selain itu biasa juga digunakan dalam menunjukkan terima kasih atau meminta maaf. Kadang malah digunakan waktu bawahan menerima telepon dari bossnya, walaupun si bos nggak lihat.

Ojigi dibagi jadi beberapa cara. Pertama adalah sedikit mengangguk sekitar 5 derajat. Ini biasanya dilakukan ketika bertemu teman dekat, orang yang lebih muda, atau yang status sosialnya di bawah. Kedua adalah Eshaku yaitu membungkuk 15 derajat. Cara ini lebih formal dan biasanya digunakan saat menyapa orang yang kita kenal namun tidak akrab. Membungkuk ketiga adalah Keirei dengan kemiringan badan sekitar 30%. Ini adalah cara yang amat formal dalam membungkuk. Biasanya digunakan oleh pekerja pada orang yang lebih tua.

Cara keempat adalah Saikeirei dengan kemiringan tubuh 45%. Saikeirei punya makna yang dalam. Ini adalah cara menunjukkan rasa bersalah yang dalam dan menghormati orang dengan status jauh lebih tinggi, contohnya seperti pada kaisar Jepang. Yang terakhir adalah cara yang paling jarang ditemui yaitu Dogeza. Dogeza atau berlutut adalah cara menunjukkan rasa bersalah yang jauh lebih dalam daripada Saikeirei, contohnya seperti mengakibatkan kematian seseorang atau kesalahan yang benar-benar fatal. Dogeza juga merupakan cara orang menghormati kaisar di jaman dulu.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Loading...
Comments
Memuat...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More