Website untuk Anime Lovers Indonesia! Berita Anime, Manga, Game, Cosplayer dan Jepang.

10 Serba Serbi Onigiri Yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Rate this post

Serba Serbi Onigiri – Onigiri pasti bukan makanan aneh ya buat kita penggemar Jejepangan. Onigiri juga banyak tersedia di minimarket Indonesia. Apa saja sih serba serbi onigiri? Mungkin kalian bakal kaget kalau membacanya.

1. Onigiri / おにぎり? Adalah Bola Nasi

Onigiri memiliki kata asli “Nigiri” atau 握り yang berarti “Dipegang dengan mantap”. Arti ini diambil dari cara membuat onigiri yang menggengam nasi untuk dibentuk menjadi bentuk “bola nasi”. Biarpun namanya ‘bola’, onigiri yang seringkali kita lihat malah berbentuk segitiga. Onigiri tidak selalu dibungkus rumput laut. Kadang onigiri juga disebut Omusubi/おむすび yang berarti terikat bersama.

2. Onigiri adalah makanan cemilan atau makanan utama

Onigiri sering dijual di minimarket atau supermarket. Ada juga anak-anak yang membawa onigiri sebagai makan siang ke sekolah. Beberapa restoran juga menyajikan onigiri dalam menu mereka. Karena onigiri berbahan dasar nasi, dia bisa jadi makanan cemilan atau makanan utama. Tidak perlu alat lain untuk memakan onigiri, cuma butuh tanganmu. Sederhana kan?

3. Ada banyak bentuk onigiri

Bentuk paling standar dari onigiri adalah segitiga. Tapi sekarang berkat tangan-tangan kreatif, bentuk onigiri bisa jadi seperti panda ini juga! Lucu ya.

4. Ada banyak isian Onigiri

Isian onigiri atau yang sering disebut Onigiri gu (具). Isian paling standar adalah umeboshi (梅干し)atau acar plum, bisa juga berisi tsukudani (佃煮) atau makanan yang direbus dalam saus kedelai. Isilah onigiri sesukamu. Kalau di manga Shokugeki no Souma ada ya onigiri yang berisi daging-dagingan. Isian ini bisa diisi dimanapun, ada juga yang mengisi di bagian atas onigiri supaya bisa langsung termakan di gigitan pertama, nyam.

5. Ada banyak cara membungkus onigiri

Rumput laut merupakan pembungkus onigiri paling umum walaupun tidak wajib. Hal ini dimaksudkan supaya tangan tidak lengket karena nasi. Kebanyakan rumput laut kering membungkus bagian bawah onigiri namun ada juga yang membungkus hampir seluruh permukaan onigiri. Ada juga yang membungkus onigiri dalam bentuk yang dekoratif supaya lebih cantik. Kalian suka yang mana?

6. Nasi onigiri tidak harus nasi putih

Jangan heran kalau kalian menemukan onigiri yang nasinya tidak putih. Nasi goreng, nasi dengan bumbu, nasi merah, bahkan takikomi gohan (炊き込みごはん)juga bisa menjadi nasinya onigiri. Apa itu takikomi gohan? Itu adalah nasi dengan campuran beberapa bahan seperti ayam, kacang polong, jamur, dan lainnya.

7. Minimarket banyak menjual onigiri

Di Jepang onigiri sering dijual di Seven Eleven, Family Mart, Lawson, dan lainnya. Di Indonesia sendiri sepertinya Indomaret yang sering kelihatan menjual onigiri. Isian onigiri minimarket biasanya tuna, ayam, kimchi, dan lainnya.

8. Membuka Onigiri Minimarket agak tricky loh

Jangan dikira membuka bungkus onigiri minimarket semudah membuka chiki. Rumput laut tidak langsung menyentuh nasi melainkan dibungkus plastik sedemikian rupa supaya kerenyahannya tidak berkurang karena kelembaban nasi.

9. Mau membuat Onigiri sendiri? Ayo nonton caranya

Orang yang belum terbiasa membuat onigiri mungkin akan menderita. Tentu saja karena nasi dibentuk onigiri dalam keadaan panas. Jangan lupa gunakan pelapis untuk melindungi tanganmu.

10. Ada toko khusus onigiri di Jepang

Toko yang bernama Omusubi no Gonbee (おむすびの権兵衛) (https://www.omusubi-gonbei.com/) ini menjual onigiri dengan ukuran agak lebih besar dari yang biasa dijual di toko. Harganya juga murah dengan varian rasa beragam. Mulai dari rasa asin dasar dengan harga 100yen atau sekitar 11.000 rupiah.

Omusubi no Gonbee

Itulah 10 Serba Serbi Onigiri Yang mungkin Belum Kamu Tahu. Bagaimana, apakah kalian tertarik untuk membuat onigirimu? selamat mencoba.


Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recommended
Tidak terasa tahun 2019 sudah memasuki bulan April. Di Jepang…