Website untuk Anime Lovers Indonesia! Berita Anime, Manga, Game, Cosplayer dan Jepang.

Pelajaran dari Sistem Sogo Shosha

Rate this post

Pelajaran dari Sogo Shosha –  Sogo Shosha merupakan organisasi perusahaan niaga Jepang yang unik berdasarkan jaringan unit-unit kerja yang berdiri sendiri namun saling mendukung. Perusahaan berkategori sogo sousha adalah perusahaan yang besar dan memiliki anak cabang di seluruh dunia.

Pada masa sebelum perang, istilah sogo shosha belum dikenal, adapun perusahaan-perusahaan besar yang sering melakukan perdagangan luar negeri dikatakan sebagai boueki Shosha (perusahaan perdagangan luar negeri) waktu itu, sedangkan perusahaan yang tidak melakukan perdagangan luar negeri disebut shoji kaisha. Barulah pada pertengahan tahun 1954, muncul istilah sogo Shosha. Pada masa itu definisi yang pasti tentang sogo Shosha belum ditemukan, namun dapat digambarkan secara kasar bahwa perusahaan yang termasuk kategori sogo Shosha adalah perusahaan yang menangani perniagaan banyak produk atau tidak terpusat pada satu produk, menangani ekspor impor, memiliki kantor cabang di seluruh dunia, mempunyai kekuasaan yang memadai di bidang pemasaran dan keuangan.

Perusahaan yang termasuk kategori ini antara lain, Mitsubishi Shoji, Matsui bussan, Marubeni, C. Itoh, Sumitomo shoji, Nissan-Iwai, Toyo Menka, Kanematsu-Gosho, Toyota, Toshiba, Hitachi, dan Nichimen.  Perusahaan berkategori sogo shosha mengerjakan berbagai bidang seperti pengerjaan kontraktor konstruksi, disain arsitektur, memprakarsai proyek sendiri, pembikinan suatu produk, pengepakan, tekstil, perkayuan, pengembangan sumber daya, perkapalan, pergudangan, pengepakan, leasing, bank dagang, dan agen perjalanan.

Perusahaan sogo Shosha berhasil menguasai dunia melebihi perusahaan yang berkembang di Amerika dan Inggris. Strategi pengembangan perusahaan dengan sistem seperti ini tentu saja sangat didukung pemerintah karena dapat menaikkan ekspor yang signifikan, yang pada akhirnya meningkatkan devisa negara.



Saya menyukai anime, manga dan J-POP. Sejak kecil saya sudah membaca lebih dari puluhan ribu volume manga dan ribuan episode anime.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recommended
Mengenal Makanan dan Minuman ala Jepang - Makanan orang Jepang…
Loading...