Arti dan Pengertian Yuri dan Yaoi dalam Anime dan Manga

0 150

Pernahkah kalian mendengar kata Yuri dan Yaoi dalam anime dan manga? dan kemudian bertanya-tanya apa itu Yuri dan apa itu Yaoi? Nah, pada artikel kali ini Animelovers akan membahas pengertian dari Yuri dan Yaoi yang sering dipakai dalam film anime maupun manga.

Yuri dan Yaoi merupakan genre atau konten yang dipakai untuk mengklasifikasikan jenis tema yang diangkat dalam suatu anime maupun manga. Yuri adalah istilah dalam bahasa Jepang untuk anime dan manga yang memiliki konten dan genre percintaan romantis antara dua perempuan atau lebih. Pada anime dan manga dengan genre Yuri, biasanya jalan cerita lebih berfokus pada relasi antar perempuan yang melibatkan emosional hubungan, seksual dan spiritual. Sedangkan Yaoi merupakan kebalikan dari Yuri, yaitu anime dan manga yang menceritakan tentang hubungan relasi antar laki-laki dengan laki-laki. Dengan kata lain, anime dan manga Yuri maupun Yaoi merupakan anime dan manga dengan tema LGBT. Berikut ini adalah penjelasan lengkap dari pengertian Yuri dan Yaoi beserta asal usulnya.

Yuri

Kisses, Sighs, and Cherry Blossom Pink
Manga: Kisses, Sighs, and Cherry Blossom Pink

Yuri adalah kata yang digunakan untuk menggambarkan hubungan percintaan antara dua wanita atau lebih dalam suatu anime, manga dan literatur, biasanya disebut juga anime dan manga lesbian. Hubungan percintaan romantis itu bisa berupa seksual maupun non seksual. Jadi, jalan cerita dalam anime dan manga Yuri biasanya bercerita tentang hubungan romantis antar wanita.

Pada anime dan manga Yuri, ada dikenal 2 istilah yaitu Seme dan Uke. Seme (semeru) yang artinya menyerang dan Uke (Ukeru) yang berarti menerima. Seme yaitu wanita yang mengungkapkan cintanya dan Ukeru adalah wanita yang menerima cinta itu.

Yaoi

Junjou Romantica
Manga: Junjou Romantica

Yaoi adalah kata yang digunakan untuk menggambarkan hubungan percintaan antara dua pria atau lebih dalam suatu anime, manga dan literatur, biasanya disebut juga anime dan manga gay (homo). Jadi, Yaoi merupakan kebalikan dari Yuri.

Yaoi merupakan singkatan dari “Yama Nashi” “Ochi Nashi” dan “Imi Nashi”. Yamanashi artinya tidak ada gunung (tanpa klimaks), Ochi Nashi (tanpa akhir/punch line) dan Imi Nashi (tanpa arti/maksud). Dari ketiga kalimat itu terbentuklah istilah Yaoi yang diambil dari huruf awalan kata-kata itu dan membentuk kata やおい (ya-o-i).

Itulah pengertian Yuri dan Yaoi, dengan mengetahui arti Yuri dan Yaoi, kini kalian sudah bisa membedakan mana saja anime dan manga Yuri dan Yaoi. Oh ya, anime dan manga Yuri maupun Yaoi tidak akan kalian temukan di toko-toko buku di Indonesia. Karena ya, kalian pasti sudah tahulah, anime dan manga genre ini pasti akan ditolak peredarannya karena tidak sesuai dengan budaya kebanyakan orang indonesia. Untuk membaca manga atau anime dengan tema Yuri dan Yaoi, bisa kalian baca langsung di internet. Sedangkan rekomendasi anime dan manga Yuri & Yaoi akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Anda mungkin juga berminat Koleksi Artikel Pengarang

Comments

Memuat...