MangaAnime

140+ Anime dan Manga Musik Terbaik dan Terpopuler

anime dan manga musik terbaik

Daftar 140+ Anime dan Manga Musik Terbaik dan Terpopuler – Kepopuleran budaya pop jepang dalam hal musik telah membuat banyak mangaka mencoba peruntungan dengan membuat manga dengan tema musik. Walau begitu, ternyata membuat manga dengan tema musik bukanlah hal mudah. Mangaka harus bisa mengubah kata-kata dan memunculkan ekspresi gambar menjadi sesuatu yang nyata. Dengan begitu, manga menjadi hidup dan kata-kata dalam gambar menjadi seperti mempunyai ‘suara’ yang bisa di dengar pembacanya.

Sampai saat ini sudah ada lebih dari 100 manga dan anime tentang musik yang bisa kita temukan. Daftar anime dan manga musik itu dibagi lagi menjadi beberapa kategori. Ada anime dan manga musik tentang musik klasik, grup band, okerstra, romance dan musik idol.

Ada banyak manga musik yang sukses di sukai oleh para fans dan kemudian di jadikan serial anime musik. Nah, pada kesempatan kali ini, animelovers akan membagikan daftar 140+ anime dan manga musik terbaik dan terpopuler yang bisa kamu coba baca dan nonton.

140+ Anime dan Manga Musik Terbaik dan Terpopuler

1. Piano no Mori

Piano no Mori - Anime dan manga musik terbaik
Piano no Mori – Anime dan manga musik terbaik

Manga ini bercerita tentang seorang anak SD bernama Kai Ichinose. Kai adalah anak yang tinggal di daerah pinggiran dekat hutan. Saat dia kecil dia menemukan sebuah piano yang terbuang di tengah hutan. Dari situ kai mulai memainkan piano hutan tersebut. Setelah cukup besar dan masuk ke Sd Morikawaki, Kai bertemu dengan guru musik bernama Sosuke Ajino yang ternyata pemilik lama dari piano hutan milik Kai. Setelah mendengar permainan musik gurunya, Kai kemudian memutuskan untuk belajar musik dengan bimbingan Ajino.

Piano no Mori (ピアノの森), juga dikenal sebagai “The Piano Forest,” adalah sebuah manga yang ditulis dan diilustrasikan oleh Makoto Isshiki. Manga ini berkisah tentang dua anak laki-laki, Shuhei Amamiya dan Kai Ichinose, yang memiliki minat dan bakat dalam bermain piano.

Cerita ini berfokus pada persahabatan mereka yang terbangun melalui musik dan piano. Shuhei berasal dari latar belakang keluarga musisi yang kaya, sementara Kai adalah anak laki-laki misterius yang tinggal di hutan dan memiliki kemampuan alami dalam bermain piano tanpa pelatihan formal. Mereka berdua bertemu di hutan yang dikenal sebagai “Hutan Piano” dan mulai bermain piano bersama.

Manga “Piano no Mori” menggabungkan elemen-elemen musik, pertumbuhan karakter, dan persahabatan. Ini adalah kisah tentang bagaimana musik dapat menghubungkan orang dari berbagai latar belakang dan mengubah hidup mereka. “Piano no Mori” telah mendapatkan banyak penggemar karena cerita yang dalam dan penggambaran yang indah tentang musik dan pianonya.

2. Nodame Cantabile

Nodame Cantabile - Anime dan manga musik terbaik
Nodame Cantabile – Anime dan manga musik terbaik

Chiaki Shinichi merupakan seorang jenius dalam musik klasik, dia memiliki talenta musik yang sangat brilian. Namun karena phobianya yang takut untuk terbang atau berlayar, membuatnya tidak bisa belajar keluar negeri. Karena phobianya itu, Chiaki kemudian memutuskan untuk masuk ke universitas di jepang. Disitu Chiaki bertemu dengan gadis aneh namun jenius juga bernama Noda “Nodame” Megumi. Setelah bersama-sama mereka kemudian lambat-laun memiliki hubungan yang dekat. Mereka kemudian memutuskan untuk saling membantu dan pada akhirnya mereka berdua melanjutkan ilmu musik mereka di luar negeri.

Nodame Cantabile adalah sebuah manga musik yang ditulis dan diilustrasikan oleh Tomoko Ninomiya. Manga ini adalah bagian dari serial yang lebih luas yang mencakup anime dan drama live-action, dan semuanya berkisah tentang musik klasik.

Read :  Apa itu Celemek telanjang, Naked Apron?

Cerita “Nodame Cantabile” mengikuti kehidupan dua mahasiswa musik klasik di sebuah universitas seni di Tokyo, Jepang. Shinichi Chiaki adalah seorang pianis berbakat yang bermimpi untuk menjadi seorang konduktor terkenal, sementara Megumi Noda, yang lebih dikenal sebagai “Nodame,” adalah seorang pianis yang berbakat tetapi memiliki kecenderungan aneh dan unik. Meskipun kepribadian mereka berbeda, mereka terlibat dalam hubungan yang kompleks yang berkembang seiring berjalannya waktu.

Manga ini menggabungkan elemen-elemen drama, komedi, dan musik, serta mengeksplorasi perjalanan karakter-karakter utamanya dalam mencapai impian mereka di dunia musik klasik. “Nodame Cantabile” sangat terkenal karena penggambaran yang akurat tentang musik klasik dan penampilan konser yang indah.

Baca juga :

3. K-ON!

K-ON! - Anime dan manga musik terbaik
K-ON! – Anime dan manga musik terbaik

K-ON! merupakan salah satu anime musik terbaik yang memiliki rating tinggi dan musik-musik keren. K-ON! bercerita tentang group musik SMA Sakuragaoka yang beranggotakan empat gadis. Salah satu tokoh utamanya adalah Hirasawa Yui yang awalnya tidak bisa memainkan alat musik dan tidak bisa membaca not. Namun setelah giat belajar akhirnya ia menjadi salah satu pemain gitar yang sangat baik. Mulai sejak itu, Yui bersama dengan anggota grup lainnya yakni Akiyama Mio (bassis), Tainaka Ritsu (drummer) dan Kotobuki Tsumugi (keyboardist) menghabiskan waktu mereka bersama untuk berlatih dan manggung.

K-ON! adalah sebuah anime yang didasarkan pada manga dengan nama yang sama yang ditulis dan diilustrasikan oleh Kakifly. Anime ini mengikuti kisah tentang sekelompok gadis SMA yang membentuk sebuah klub musik ringan (light music) yang dikenal sebagai klub musik K-ON.

Cerita berpusat pada lima anggota klub, yaitu Yui Hirasawa, Mio Akiyama, Ritsu Tainaka, Tsumugi Kotobuki, dan Azusa Nakano. Mereka menghabiskan waktu mereka bersama dalam klub, memainkan musik, berlatih, dan menjalani berbagai petualangan lucu dan menghibur. Salah satu ciri khas anime ini adalah kehangatan dan hubungan persahabatan yang erat antara karakter-karakternya.

“K-ON!” adalah anime yang sangat populer di kalangan penggemar karena gaya animasinya yang cerah, musik yang menawan, dan kelucuan karakter-karakternya. Selain itu, anime ini juga telah membantu memopulerkan genre musik sekolah dan slice-of-life di anime.

Anda dapat menemukan “K-ON!” di berbagai platform streaming anime atau dalam bentuk DVD/Blu-ray. Jika Anda mencari anime yang ceria, ringan, dan penuh dengan musik, “K-ON!” bisa menjadi pilihan yang bagus untuk ditonton.

4. Shigatsu Wa Kimi no Uso

Shigatsu Wa Kimi no Uso- Anime dan manga musik terbaik
Shigatsu Wa Kimi no Uso- Anime dan manga musik terbaik

Shigatsu Wa Kimi no Uso merupakan salah satu anime musik romance yang paling banyak disukai animelovers. Anime ini bercerita tentang Amima Kousei si jenius dalam memainkan piano, dan sering mendominasi setiap kompetisi musik yang ia ikuti. Namun sejak kematian ibunya yang juga merupakan instrukturnya, ia mengalami shock dan mentalnya jadi hancur. Akibat kejadian itu, Kousei menjadi tidak bisa mendengar suara piano walau pendengaran tetap normal untuk suara lainnya.

Selama dua tahun ia tidak pernah menyentuh lagi piano hingga sampai suatu hari ia bertemu seorang gadis yang mengubah hidupnya. Nama gadis itu adalah Miyazono Kaori, gadis cantik pemain biola. Dari pertemuan itu Kaori kemudian mulai membantu Kousei untuk bisa kembali lagi ke dunia musik.

Shigatsu wa Kimi no Uso, juga dikenal sebagai “Your Lie in April,” adalah sebuah manga yang ditulis dan diilustrasikan oleh Naoshi Arakawa. Manga ini juga telah diadaptasi menjadi sebuah anime yang sangat populer.

Cerita manga ini mengikuti kehidupan seorang pianis berbakat bernama Kousei Arima, yang kehilangan kemampuannya untuk mendengar nada setelah mengalami trauma masa kecil. Kehidupannya berubah ketika dia bertemu dengan seorang gadis yang bermain biola bernama Kaori Miyazono. Kaori membantu Kousei mengatasi ketidakmampuannya dan membawanya kembali ke dunia musik. Ini adalah cerita tentang perjalanan musik, persahabatan, dan cinta.

Read :  90+ Anime dan Manga Polisi Terpopuler dan Terbaik

“Shigatsu wa Kimi no Uso” sangat dikenal karena penggambarannya tentang musik klasik, serta tema-tema yang dalam tentang pertumbuhan, kesedihan, dan makna cinta. Manga ini meraih popularitas besar dan juga diadaptasi menjadi sebuah anime yang memperkuat daya tarik ceritanya.

Anda dapat mencari manga “Shigatsu wa Kimi no Uso” di toko buku komik lokal atau mencari versi terjemahannya dalam bahasa yang Anda inginkan secara daring. Jika Anda suka cerita tentang musik, pertumbuhan karakter, dan hubungan antara karakter yang mendalam, manga ini mungkin dapat memberikan pengalaman membaca yang sangat emosional.

 

5. Bremen

Bremen - Anime dan manga musik terbaik
Bremen – Anime dan manga musik terbaik

Bremen merupakan manga musik tentang grup band rock yang terdiri dari 4 anggota yaitu Reijii, Kasuga, Hayama Ryo dan Fujii. Mereka berempat bercita-cita menjadi grup band rock terbaik di dunia. Dalam perjalanan mereka menjadi grup bank rock, mereka harus menghadapi banyak tantangan. Seperti perkelahian antar gang dan menghadapi polisi.

Bremen adalah sebuah manga yang ditulis dan diilustrasikan oleh Hiroshi Takahashi. Manga ini adalah cerita tentang musik, petualangan, dan persahabatan.

Cerita “Bremen” mengikuti sekelompok anak muda yang memiliki impian untuk menjadi musisi terkenal. Mereka terjebak dalam kehidupan yang keras dan kecewa dengan realitas, tetapi ketika mereka bertemu satu sama lain, mereka memutuskan untuk membentuk sebuah band musik dan berjuang untuk mencapai impian mereka. Nama band mereka adalah “Bremen,” yang diambil dari kisah anak-anak musisi dari Bremen dalam dongeng Grimms.

Manga ini menggambarkan perjalanan Bremen dalam mencari kesuksesan musikal dan bagaimana mereka berusaha melewati berbagai rintangan dan ujian di sepanjang jalan. “Bremen” adalah cerita tentang semangat, tekad, dan persahabatan yang kuat di antara karakter-karakternya.

6. AKB49: Ren’ai Kinshi Jōrei

AKB49 Renai Kinshi Jorei - Anime dan manga musik terbaik
AKB49 Renai Kinshi Jorei – Anime dan manga musik terbaik

Manga Musik ini bercerita tentang generasi baru dari idol grup jepang yang terkenal bernama AKB48. Jika kalian ingin menonton versi lain anime maka bisa tonton anime AKB0048.

Manga ini bercerita tentang perjalanan Minoru Urayama, seorang anak sma laki-laki yang tidak mempunyai mimpi. Ia jatuh cinta dengan Hiroko Yoshinaga yang memiliki mimpi menjadi anggota idol grup AKB48. Demi mendukung mimpi orang yang disukainya, Minoru kemudian diam-diam menyamar menjadi wanita (cross-dressed) dan ikut mendaftar di audisi AKB48. Samarannya sukses dan mereka berdua lulus seleksi.

AKB49: Ren’ai Kinshi Jōrei adalah sebuah manga yang ditulis dan diilustrasikan oleh Reiji Miyajima. Manga ini adalah kisah tentang seorang pemuda bernama Nagoya Atsushi yang bercita-cita menjadi seorang penyanyi idola terkenal. Namun, dia tidak memiliki keberanian untuk bergabung dengan grup idola perempuan. Suatu hari, dia secara tidak sengaja terlibat dalam rencana temannya yang mengharuskannya berpakaian sebagai seorang gadis dan mengikuti audisi untuk bergabung dengan grup idola AKB48.

Nagoya Atsushi, yang sekarang menggunakan nama samaran Minori, berhasil lulus audisi dan bergabung dengan AKB48. Dia terus berpura-pura menjadi seorang gadis di depan umum dan mempertahankan identitasnya yang sebenarnya di bawah keberatannya. Manga ini menggambarkan bagaimana dia menjalani kehidupan ganda ini dan hubungannya dengan para anggota grup idola.

“AKB49: Ren’ai Kinshi Jōrei” adalah manga yang menggabungkan elemen komedi, drama, dan cerita tentang persahabatan dan impian. Ini adalah kisah tentang penuh semangat dan tekad untuk mengikuti impian Anda, meskipun harus menghadapi banyak tantangan.

7. Beck

beck manga musik
beck manga musik

Manga Musik Beck bercerita tentang Tanaka Yukio yang merasa hidupnya membosankan karena ia tidak pernah populer. Tapi setelah ia bertemu dengan Ryusuke and anjingnya, hidup Yukio perlahan mulai berubah. Dia mendapatkan gitar tua dari Ryusuke dan kemudian mulai belajar cara bermain gitar. Selama berlatih gitar, ternyata ia menemukan bakatnya dalam bernyanyi, dengan bakat itu ia kemudian masuk ke grup band Beck.

Read :  23 Rekomendasi Manga bangsawan Terpopuler

Beck (juga dikenal sebagai “Beck: Mongolian Chop Squad” atau “Bekku: Mongorian Choppu Sukuwaddo” dalam bahasa Jepang) adalah sebuah manga yang ditulis dan diilustrasikan oleh Harold Sakuishi. Manga ini adalah cerita tentang musik, persahabatan, dan perjalanan sekelompok pemuda yang berusaha untuk menjadi sebuah band rock yang sukses.

Cerita “Beck” berpusat pada seorang remaja bernama Yukio “Koyuki” Tanaka yang mengalami perubahan besar dalam hidupnya ketika dia bertemu dengan Ryusuke Minami, seorang gitaris berbakat yang memperkenalkannya pada dunia musik rock. Bersama dengan teman-teman mereka, mereka membentuk sebuah band rock yang disebut “Beck.” Manga ini mengikuti perjalanan band Beck dalam mengejar impian mereka untuk menjadi band rock terkenal di Jepang.

“Beck” sangat dikenal karena penggambaran yang akurat tentang musik rock dan industri musik, serta pengembangan karakter yang mendalam. Ini adalah cerita tentang pertumbuhan, persahabatan, dan semangat untuk mencapai tujuan.

8. Hibike! Euphonium

 

Hibike! Euphonium - anime musik terbaik
Hibike! Euphonium – anime musik terbaik

Kitauji merupakan grup musik terkenal yang dulunya sering menjadi juara di berbagi kompetisi musik sma tingkat nasional. Namun setelah terjadi pergantian guru pembimbing, kemampuan klub musik ini mulai menurun. bahkan untuk lolos tahap kualifikasi saja mereka mengalami kesulitan.

Hibike! Euphonium adalah sebuah serial anime yang juga dikenal dengan judul “Sound! Euphonium” atau “Kitauji Koukou Suisougaku-bu e Youkoso” dalam bahasa Jepang. Anime ini diadaptasi dari novel ringan (light novel) karya Ayano Takeda dan diilustrasikan oleh Nikki Asada.

Cerita anime ini berpusat di sekitar klub musik sekolah menengah Kitauji yang sedang mencari identitas mereka dalam dunia musik. Kisahnya mengikuti Kumiko Oumae, seorang gadis yang bergabung dengan klub musik karena pengalaman masa kecilnya yang mengesankan dengan seorang pemain euphonium. Namun, klub musik Kitauji memiliki sejarah yang kurang gemilang, dan para anggota baru bersama dengan instruktur barunya harus bekerja keras untuk mengubah nasib klub mereka dan mencapai prestasi yang tinggi.

Anime musik ini menampilkan perjalanan karakter yang mendalam, kisah persahabatan, serta tantangan dan kompetisi dalam dunia musik. “Hibike! Euphonium” sangat dikenal karena penggambaran yang akurat tentang musik dan orkestra, serta animasinya yang indah.

9. THE iDOLM@STER

THE iDOLM@STER - anime musik terbaik
THE iDOLM@STER – anime musik terbaik

Anime THE iDOLM@STER bercerita tentang dunia musik Idol, dimana 13 gadis dari 765 Production Studio Music yang ingin menjadi bagian dari grup idol terbaik di industri hiburan Jepang. Adegan dalam anime ini banyak berisi tentang tawa dan air mata dari para idol yang berjuang untuk menghibur para penonton dan membuat grup mereka THE iDOLM@STER menjadi grup papan atas.

The iDOLM@STER (atau “Idolmaster” dalam bahasa Jepang) adalah sebuah franchise multimedia yang terdiri dari permainan video, manga, anime, dan berbagai media lainnya. Franchise ini berkisah tentang sekelompok gadis yang berusaha untuk menjadi idola pop dan sukses di industri hiburan.

Pada intinya, cerita “The iDOLM@STER” mengikuti perjalanan sejumlah gadis yang bekerja di sebuah agensi bakat bernama “765 Production” di Tokyo. Mereka dilatih untuk menjadi idola dan harus menghadapi berbagai tantangan dan persaingan dalam perjalanan mereka menuju ketenaran. Setiap karakter memiliki latar belakang dan kepribadian yang berbeda, dan cerita mengeksplorasi perjuangan dan pencapaian mereka sebagai idola.

Franchise ini sangat dikenal karena permainan video “The iDOLM@STER” yang mengizinkan pemain untuk berperan sebagai produser idola dan mengelola karier mereka. Permainan ini telah menjadi sangat populer di Jepang dan di seluruh dunia.

Selain permainan video, “The iDOLM@STER” juga telah diadaptasi menjadi beberapa seri anime, yang salah satunya berjudul “The iDOLM@STER: Cinderella Girls.” Anime genre musik menggambarkan perjuangan sekelompok idola yang berusaha untuk mencapai ketenaran.

Itulah daftar anime musik dan manga musik terbaik dan terpopuler yang anime lovers rekomendasikan. Selain daftar diatas, berikut ini adalah daftar anime musik dan manga musik terlengkap.

Daftar Anime Musik dan Manga musik Terbaik
Daftar Anime Musik dan Manga musik Terbaik
Daftar Anime Musik dan Manga musik Terbaik
Daftar Anime Musik dan Manga musik Terbaik
Daftar Anime Musik dan Manga musik Terbaik
Daftar Anime Musik dan Manga musik Terbaik
Daftar Anime Musik dan Manga musik Terbaik
Daftar Anime Musik dan Manga musik Terbaik
Daftar Anime Musik dan Manga musik Terbaik
Daftar Anime Musik dan Manga musik Terbaik
Daftar Anime Musik dan Manga musik Terbaik
Daftar Anime Musik dan Manga musik Terbaik
Daftar Anime Musik dan Manga musik Terbaik
Daftar Anime Musik dan Manga musik Terbaik
Daftar Anime Musik dan Manga musik Terbaik
Daftar Anime Musik dan Manga musik Terbaik
Daftar Anime Musik dan Manga musik Terbaik
Daftar Anime Musik dan Manga musik Terbaik
Daftar Anime Musik dan Manga musik Terbaik
Daftar Anime Musik dan Manga musik Terbaik
Daftar Anime Musik dan Manga musik Terbaik
Daftar Anime Musik dan Manga musik Terbaik
Daftar Anime Musik dan Manga musik Terbaik
Daftar Anime Musik dan Manga musik Terbaik
Daftar Anime Musik dan Manga musik Terbaik
Daftar Anime Musik dan Manga musik Terbaik
Daftar Anime Musik dan Manga musik Terbaik
Daftar Anime Musik dan Manga musik Terbaik
Shares: