Anime

9 Jenis Protagonis dalam Anime dan Manga

9 Jenis Protagonis dalam Anime dan Manga

Protagonis dalam Anime dan Manga, Anime memiliki berbagai jenis protagonis, dan karakter utama dalam anime sering kali memiliki berbagai sifat, latar belakang, dan peran dalam cerita. Protagonis adalah karakter utama dari sebuah cerita atau plot. Sebagian besar cerita fiksi menjadikan karakter protagonis sebagai pahlawan (super hero) tetapi ada juga cerita fiksi langka dengan protagonis jahat atau tidak begitu mulia (noble) disebut juga anti-hero. Berikut adalah beberapa jenis protagonis yang sering muncul dalam anime.

Karakter Protagonis dalam Anime dan Manga

1. Pahlawan / Heroic Protagonist

Bentuk karakter protagonis yang paling umum adalah pahlawan yang bangkit dari keterpurukan dan mengambil kesempatan untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Mereka awalnya adalah orang-orang yang telah mengalami rasa sakit sejati tetapi memutuskan bahwa mereka ingin memastikan tidak ada orang lain yang akan menghadapi penderitaan seperti yang mereka alami. Sebagian besar bentuk cenderung membuat mereka naif sampai pada titik kebodohan (sampai saatnya untuk serius maka mereka menjadi sangat pintar) tetapi baik kepada semua orang yang mereka temui.

Hero :

  • Naruto (Naruto)
  • Son Goku (Dragon Ball)
  • Ichigo (Bleach)
  • Monkey D. Luffy

2. Anti-Hero

Terkadang protagonis bisa menjadi orang jahat yang jahat dalam beberapa perspektif. Ketika penonton mendapat pandangan baru tentang penjahat, mereka mungkin merasa empati terhadap karakter atau bahkan menghibur mereka. Dengan perspektif baru ini kita dapat memahami mengapa mereka jahat dan apa tujuannya.

Seorang anti-hero adalah karakter protagonis yang memiliki sifat-sifat yang tidak biasa atau tidak konvensional untuk karakter utama. Mereka mungkin memiliki moralitas yang ambigu atau metode yang tidak biasa untuk mencapai tujuan mereka. Light Yagami dari “Death Note” adalah contoh anti-hero.

Anti-Hero :

  • Light Yagami (Death Note)
  • Lelouch Lamperouge (Code Geass)
  • Guts (Berserk)
  • Shinn Asuka (Gundam Seed Destiny)
  • Alucard (Hellsing)
  • Enma Ai (Jigoku Shoujo)
  • Kiritsugu Emiya (Fate/Zero)
  • Hei (Darker Than Black)

3. Everyday Protagonist

Karakter protagonis sehari-hari atau Everyday Protagonist adalah karakter utama dalam anime atau manga yang mewakili kehidupan sehari-hari dan biasanya tidak memiliki kekuatan supernatural atau keterampilan khusus yang mencolok. Mereka adalah karakter yang mungkin bisa kita temui dalam kehidupan nyata, dan cerita seringkali berpusat pada petualangan atau peristiwa luar biasa yang mereka alami. Berikut beberapa contoh karakter Everyday Protagonist:

  1. Makoto Naegi dari “Danganronpa”: Makoto adalah seorang siswa biasa yang terpilih secara acak untuk menghadiri sekolah elite Hope’s Peak Academy. Meskipun dia tidak memiliki keterampilan khusus, dia harus bertahan hidup dalam permainan maut yang dipimpin oleh monokuma.
  2. Koyomi Araragi dari “Monogatari Series”: Koyomi adalah seorang siswa sekolah menengah biasa yang berubah menjadi manusia setengah-vampir setelah menyelamatkan seorang gadis vampir. Meskipun dia memiliki beberapa kekuatan supernatural, dia sering menangani masalah sehari-hari dan kehidupan sekolahnya.
  3. Sakura Kinomoto dari “Cardcaptor Sakura”: Sakura adalah seorang gadis sekolah dasar biasa yang tiba-tiba menemukan buku ajaib yang mengandung kartu-kartu yang harus dia tangkap. Meskipun dia memegang kekuatan sebagai cardcaptor, dia tetap adalah seorang anak sekolah yang pergi ke sekolah dan memiliki teman-teman biasa.
  4. Taiga Aisaka dari “Toradora!”: Taiga adalah seorang gadis kecil yang dikenal karena kepribadiannya yang kuat dan temperamental. Meskipun dia memiliki kepribadian yang kuat, dia adalah siswa sekolah menengah biasa yang berusaha mengatasi masalah dalam kehidupan sehari-harinya.
  5. Tomoya Okazaki dari “Clannad”: Tomoya adalah seorang siswa sekolah menengah yang malas dan terkesan apatis. Cerita berfokus pada hubungannya dengan teman-teman sekelasnya dan perubahan yang dialaminya dalam hidup sehari-harinya.
  6. Ryuuji Takasu dari “Toradora!”: Ryuuji adalah seorang siswa sekolah menengah yang memiliki wajah yang menakutkan, tetapi sebenarnya dia adalah seorang anak yang baik hati. Dia berusaha membantu teman sekelasnya mengatasi masalah mereka dalam kehidupan sehari-hari.

4. Isekai Protagonist

Karakter Protagonis Isekai atau Isekai Protagonist adalah karakter utama dalam anime atau manga yang tiba-tiba terlempar ke dunia paralel atau isekai dari dunia nyata. Mereka seringkali memiliki keterampilan atau kekuatan khusus di dunia baru mereka, dan cerita sering berfokus pada perjuangan mereka untuk beradaptasi dengan lingkungan baru, bertahan hidup, atau mencapai tujuan tertentu. Berikut beberapa contoh karakter Isekai Protagonist:

  1. Subaru Natsuki dari “Re:Zero – Starting Life in Another World”: Subaru adalah seorang remaja biasa yang tiba-tiba terlempar ke dunia fantasi. Dia memiliki kemampuan untuk menghidupkan kembali dirinya sendiri setelah mati, tetapi kemampuan ini tidak datang tanpa konsekuensi. Subaru harus berjuang untuk bertahan hidup dan melindungi orang-orang yang dia cintai.
  2. Kazuma Satou dari “KonoSuba: God’s Blessing on This Wonderful World!”: Kazuma adalah seorang NEET (Not in Education, Employment, or Training) yang mati secara tragis dan kemudian dipanggil ke dunia fantasi. Dia memilih Dewi Aqua sebagai mitra dan harus berjuang untuk bertahan hidup dalam lingkungan yang penuh dengan masalah konyol.
  3. Naofumi Iwatani dari “The Rising of the Shield Hero” (Tate no Yuusha no Nariagari): Naofumi adalah seorang pahlawan yang dipilih untuk menyelamatkan dunia dari ancaman monster. Dia dipanggil ke dunia isekai bersama dengan tiga pahlawan lainnya, tetapi dia dikhianati dan harus menggunakan perisainya, perisai perisainya, untuk bertahan hidup.
  4. Rimuru Tempest dari “That Time I Got Reincarnated as a Slime” (Tensei Shitara Slime Datta Ken): Rimuru adalah karakter utama yang terlahir kembali sebagai slime dalam dunia fantasi. Dia memulai petualangan untuk mencari makna dalam kehidupan barunya sambil memperoleh kekuatan yang luar biasa.
  5. Satoru Mikami dari “That Time I Got Reincarnated as a Slime”: Sebelum Rimuru, Satoru Mikami adalah karakter utama yang dihidupkan kembali sebagai slime. Dia menjalani kehidupan barunya dengan bijaksana dan berusaha menciptakan komunitas yang damai dalam dunia isekainya.
  6. Kirito (Kazuto Kirigaya) dari “Sword Art Online”: Kirito adalah pemain beta tester yang terperangkap dalam permainan VRMMO Sword Art Online. Dia harus berjuang untuk keluar dari permainan dan menyelamatkan pemain lain setelah mengetahui bahwa kematian dalam permainan berarti kematian dalam dunia nyata.
Read :  Kimetsu no Yaiba Menduduki Reting Terbagus Dalam Seri Anime 2019

Karakter-karakter ini adalah contoh-contoh Isekai Protagonist yang menghadapi petualangan dan tantangan dalam dunia paralel atau isekai yang baru. Kehadiran mereka dalam dunia ini sering membawa perubahan besar pada cerita dan dunia mereka sendiri.

Baca juga :

5. Magical Girl/Boy Protagonist

Karakter Protagonis Wanita pesulap (sihir) Magical Girl/Boy Protagonist adalah karakter utama dalam anime atau manga yang diberi kekuatan ajaib atau kemampuan khusus untuk melawan kejahatan atau menghadapi situasi supernatural. Mereka sering kali adalah remaja atau anak-anak biasa yang memiliki kehidupan sehari-hari, tetapi ketika situasi memanggil, mereka berubah menjadi tokoh dengan kekuatan magis yang luar biasa. Berikut beberapa contoh karakter Magical Girl/Boy Protagonist:

Magical Girls:

  1. Usagi Tsukino (Sailor Moon) dari “Sailor Moon”: Usagi adalah seorang gadis sekolah menengah yang tiba-tiba mendapatkan kekuatan untuk melawan kejahatan dan memproteksi dunia sebagai Sailor Moon bersama Sailor Senshi lainnya.
  2. Madoka Kaname dari “Puella Magi Madoka Magica” (Mahou Shoujo Madoka★Magica): Madoka adalah seorang siswa sekolah menengah yang diundang untuk menjadi seorang penyihir dalam pertukaran untuk memiliki kekuatan ajaib. Dia harus menghadapi konsekuensi serius dalam perjuangannya melawan musuh-musuh supernatural.
  3. Cardcaptor Sakura dari “Cardcaptor Sakura”: Sakura adalah seorang siswi sekolah dasar yang memiliki tugas untuk menangkap kartu-kartu ajaib yang terlepas. Dia menggunakan tongkat magisnya untuk mengembalikan kartu-kartu tersebut ke dalam buku.

Magical Boys:

  1. Sakura Kinomoto dari “Cardcaptor Sakura”: Meskipun karakter utama adalah gadis, dia memiliki sahabat bernama Syaoran Li yang juga memiliki kemampuan magis dan membantu dalam menangkap kartu-kartu ajaib.
  2. Hajime Ichinose dari “Gatchaman Crowds”: Hajime adalah seorang siswa sekolah menengah yang menjadi anggota Gatchaman, sekelompok pahlawan super yang memiliki kekuatan khusus untuk melindungi dunia.
  3. Haruka Nanase dari “Magical Girl Ore”: Haruka adalah seorang pemain voli yang harus berubah menjadi Magical Girl pria untuk melawan monster-monster jahat bersama dengan temannya.
  4. Asuta Jimon dari “Magical Warfare” (Mahou Sensou): Asuta adalah seorang siswa sekolah menengah yang secara tidak sengaja terlibat dalam konflik antara penyihir dan akhirnya mendapatkan kekuatan magis.
Read :  Trailer Musim Ke 2 Anime Kizuna No Allele Telah Dirilis

Karakter-karakter ini mewakili berbagai gaya dan pendekatan untuk cerita Magical Girl/Boy dalam anime dan manga. Mereka menghadapi berbagai tantangan dan konflik sambil memanfaatkan kekuatan ajaib mereka untuk melindungi dunia atau mencapai tujuan mereka.

6. Tragic Protagonist

Karakter Protagonis Tragis atau Tragic Protagonist adalah karakter utama dalam anime atau manga yang telah mengalami peristiwa traumatis atau penuh tragedi dalam hidup mereka. Mereka seringkali memiliki latar belakang yang sulit atau peristiwa traumatis yang telah membentuk kepribadian dan motivasi mereka. Berikut beberapa contoh karakter Tragic Protagonist:

  1. Guts dari “Berserk”: Guts adalah seorang prajurit yang telah mengalami berbagai tragedi dalam hidupnya, termasuk kehilangan orang yang dicintainya dan menghadapi pengkhianatan. Cerita ini mengikuti perjuangannya untuk balas dendam dan bertahan hidup dalam dunia yang keras.
  2. Homura Akemi dari “Puella Magi Madoka Magica” (Mahou Shoujo Madoka★Magica): Homura telah mengalami berulang kali kehilangan seorang teman ajaib yang dia coba lindungi. Ini membuatnya terjebak dalam siklus tragedi yang terus berulang.
  3. Gon Freecss dari “Hunter x Hunter”: Meskipun awalnya mungkin tidak terlihat sebagai karakter yang tragis, Gon mengalami berbagai peristiwa dan pengorbanan selama perjalanannya untuk menemukan ayahnya. Pencariannya membawanya ke dunia yang gelap dan penuh dengan konflik.
  4. Spike Spiegel dari “Cowboy Bebop”: Spike adalah seorang mantan penjahat yang mencoba meninggalkan masa lalunya, tetapi dia terus dihantui oleh peristiwa traumatis yang terjadi dalam hidupnya.
  5. Akira Fudo dari “Devilman Crybaby”: Akira adalah seorang remaja yang menggabungkan dirinya dengan iblis untuk melawan iblis lain yang mengancam dunia. Kehidupannya menjadi tragis saat dia harus menghadapi dilema moral dan konflik dalam dirinya sendiri.
  6. Kousei Arima dari “Your Lie in April” (Shigatsu wa Kimi no Uso): Kousei adalah seorang pianis yang kehilangan kemampuannya untuk mendengar warna musik setelah mengalami peristiwa traumatis dalam hidupnya. Cerita mengikuti perjalanannya untuk menemukan kembali hasratnya untuk bermain piano.

Karakter-karakter ini memiliki latar belakang yang tragis atau telah mengalami pengalaman traumatis yang mempengaruhi perjalanan dan kepribadian mereka dalam cerita. Kehidupan mereka yang penuh dengan penderitaan dan konflik seringkali menjadi salah satu fokus utama dalam cerita anime atau manga mereka.

7. Slice of Life Protagonist

Karakter Protagonis Pengalaman sehari-hari atau Slice of Life Protagonist adalah karakter utama dalam anime atau manga yang menjalani kehidupan sehari-hari biasa mereka. Cerita dalam genre “slice of life” sering berfokus pada momen-momen kecil dalam kehidupan sehari-hari karakter-karakter ini. Berikut beberapa contoh karakter Slice of Life Protagonist:

  1. Hachiman Hikigaya dari “My Teen Romantic Comedy SNAFU” (Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru): Hachiman adalah siswa SMA yang cenderung menghindari hubungan sosial. Cerita mengikuti kehidupan sehari-harinya dan perjuangannya untuk memahami makna persahabatan dan hubungan antar manusia.
  2. Taiga Aisaka dari “Toradora!”: Taiga adalah seorang siswi SMA dengan kepribadian kuat dan temperamental. Meskipun dia memiliki kepribadian yang menantang, cerita berfokus pada hubungannya dengan teman sekelasnya Ryuuji dan bagaimana hubungan mereka berkembang.
  3. Tomoya Okazaki dari “Clannad”: Tomoya adalah seorang siswa SMA yang memiliki pandangan pesimis tentang hidupnya. Cerita mengikuti hubungannya dengan Nagisa Furukawa dan perjalanan hidupnya menuju kedewasaan.
  4. Kou Mabuchi dari “Ao Haru Ride” (Blue Spring Ride): Kou adalah seorang siswa SMA yang kembali ke sekolah setelah menghilang selama beberapa tahun. Cerita menggambarkan kehidupan sehari-harinya, pertemanan, dan hubungannya dengan Futaba Yoshioka.
  5. Yotsuba Koiwai dari “Yotsuba&!”: Yotsuba adalah seorang anak perempuan berusia lima tahun yang penuh semangat dan penasaran tentang dunia di sekitarnya. Cerita berfokus pada petualangan sehari-hari Yotsuba dan interaksinya dengan keluarga dan tetangganya.
  6. Natsume Takashi dari “Natsume’s Book of Friends” (Natsume Yuujinchou): Natsume adalah seorang remaja yang dapat melihat roh-roh jahat. Dia mewarisi buku teman-teman roh dari neneknya dan berusaha untuk mengembalikan nama-nama teman-teman roh yang terikat dalam buku tersebut.
Read :  Rekomendasi Anime Romance dengan Happy Ending

Karakter-karakter ini mewakili berbagai aspek kehidupan sehari-hari, persahabatan, dan pertumbuhan pribadi. Cerita dalam genre slice of life sering kali menyoroti momen-momen kecil yang dapat memiliki dampak besar pada kehidupan karakter utama.

8. Mecha Pilot

Karakter Protagonis Mecha Pilot adalah karakter utama dalam anime atau manga yang mengendalikan robot raksasa yang dikenal sebagai “mecha.” Mereka sering terlibat dalam pertempuran melawan musuh-musuh besar, termasuk robot musuh atau ancaman lainnya. Berikut beberapa contoh karakter Mecha Pilot:

  1. Amuro Ray dari “Mobile Suit Gundam”: Amuro adalah pilot Gundam pertama yang kemudian menjadi legenda dalam seri Gundam. Dia memimpin Gundam RX-78-2 dan berjuang dalam perang antara Federasi Bumi dan Zeon.
  2. Shinji Ikari dari “Neon Genesis Evangelion”: Shinji adalah pilot Eva dalam seri ini. Dia dipaksa untuk melawan misterius makhluk bernama Angels dalam mecha Eva-nya sambil menghadapi konflik internal dan emosional.
  3. Simon dari “Tengen Toppa Gurren Lagann”: Simon awalnya adalah seorang penggali yang kemudian menemukan mecha raksasa Gurren Lagann. Dia memimpin perlawanan melawan makhluk-makhluk misterius yang dikenal sebagai Beastmen.
  4. Heero Yuy dari “Mobile Suit Gundam Wing”: Heero adalah salah satu dari lima pilot Gundam yang dikirim ke Bumi untuk membawa perubahan dalam dunia yang dilanda konflik dan perang.
  5. Ryuko Matoi dari “Kill la Kill”: Ryuko mengendalikan seifuku yang bisa berubah menjadi mecha raksasa bernama Senketsu. Dia memburu pencarian untuk menemukan pembunuh ayahnya sambil berjuang melawan organisasi yang kuat.
  6. Setsuna F. Seiei dari “Mobile Suit Gundam 00”: Setsuna adalah pilot Gundam Exia dan pemimpin Celestial Being, sebuah kelompok yang berusaha menciptakan perdamaian di dunia dengan menggunakan teknologi mecha canggih.
  7. Van dari “The Vision of Escaflowne” (Tenkuu no Escaflowne): Van adalah seorang pemuda yang tiba-tiba terlibat dalam perang di dunia Gaia dan mengendalikan mecha raksasa Escaflowne untuk melawan musuh-musuhnya.

Karakter-karakter ini adalah pilot mecha yang sering kali harus menghadapi tantangan besar dan peristiwa berbahaya dalam perjalanan mereka. Pertempuran mecha dan interaksi antara karakter-karakter ini dengan mecha mereka adalah salah satu elemen penting dalam cerita anime dan manga mecha.

9. Sports Protagonist

Karakter Protagonis Olahraga atau Protagonist adalah karakter utama dalam anime atau manga yang aktif dalam berbagai jenis olahraga. Cerita mereka sering berfokus pada upaya mereka untuk mencapai keunggulan dalam olahraga tertentu, mengatasi rintangan, dan mencapai tujuan mereka dalam kompetisi. Berikut beberapa contoh karakter Sports Protagonist:

  1. Hinata Shouyou dari “Haikyuu!!”: Hinata adalah seorang pemain voli yang relatif pendek, tetapi dia memiliki semangat dan kemampuan lompat yang luar biasa. Cerita mengikuti perjuangannya untuk menjadi pemain voli yang hebat bersama timnya.
  2. Kuroko Tetsuya dari “Kuroko’s Basketball” (Kuroko no Basket): Kuroko adalah mantan anggota generasi keajaiban dalam basket yang memiliki kemampuan untuk tidak terlihat di lapangan. Dia bergabung dengan tim basket SMA Seirin dan berusaha untuk memenangkan kejuaraan nasional.
  3. Ippo Makunouchi dari “Hajime no Ippo”: Ippo adalah seorang pemuda yang awalnya tidak memiliki pengalaman dalam tinju. Setelah bertemu dengan pelatih tinju, dia memulai perjalanan untuk menjadi petinju yang hebat.
  4. Sawamura Eijun dari “Diamond no Ace” (Ace of Diamond): Sawamura adalah seorang pitcher yang berjuang untuk membawa tim bisbol sekolahnya ke kejuaraan nasional. Dia memiliki semangat yang besar untuk mencapai tujuannya.
  5. Kakeru Aizawa dari “Try Knights”: Kakeru adalah pemain rugby yang berusaha membentuk tim rugby di sekolahnya. Cerita mengikuti perjuangannya dalam membangun tim dan mencapai kesuksesan dalam kompetisi.
  6. Ryoma Echizen dari “The Prince of Tennis” (Tennis no Ouji-sama): Ryoma adalah seorang pemain tenis berbakat yang bergabung dengan tim tenis SMA Seishun Gakuen. Dia berusaha menjadi pemain tenis nomor satu di Jepang.
  7. Makoto Naegi dari “All Out!!”: Makoto adalah seorang pemuda yang baru saja bergabung dengan tim rugby SMA Kanagawa. Meskipun awalnya kurang berpengalaman, dia berusaha keras untuk berkontribusi pada tim.

Karakter-karakter ini mewakili berbagai jenis olahraga, dan cerita-cerita mereka seringkali menyoroti dedikasi, semangat, dan persaingan dalam dunia olahraga. Bagian penting dari cerita-cerita ini adalah perjalanan karakter utama menuju keunggulan dan bagaimana mereka mengatasi rintangan untuk mencapai tujuan mereka.

Penutup

Setiap anime memiliki karakter utama yang unik dengan sifat dan peran mereka sendiri dalam cerita. Pilihan karakter utama ini akan sangat memengaruhi jenis cerita dan tema yang akan dijelajahi dalam anime tersebut.

Shares: