Budaya JepangJepang

Apa Itu Moe, Arti dan Penjelasannya

apa itu moe

Apa itu moe, Moe adalah istilah slang Jepang untuk sesuatu yang disukai, dan dalam ranah anime digunakan untuk merujuk pada karakter yang menginspirasi jenis cinta pelindung. Biasanya karena karakter tampaknya membutuhkan seseorang untuk mengurusnya (melindunginya).

“Moe” bisa menjadi konsep yang agak sulit untuk dijabarkan, karena di Jepang sering digunakan hanya untuk merujuk pada karakter (atau bahkan sekadar hal) yang Anda sukai: misalnya, “train moe” hanya berarti seseorang yang bersemangat tentang kereta, seperti kereta otaku.

Paling umum di penggemar anime berbahasa Inggris, bagaimanapun, “moe” digunakan untuk menggambarkan karakter. biasanya karakter perempuan – yang menginspirasi fans pria untuk melindungi karakter itu, dan/atau karakter yang dirancang khusus untuk menarik fantasi otaku stereotip untuk menjadi pelindung gadis cantik/imut.

Istilah moe memiliki sejumlah kategori atau turunan arti, termasuk nama karakter (Sailor Moon Hotaru Tomoe, Moe Sagusawa Kyoryu Wakusei), atau dua kata kerja Jepang yang berbeda yang keduanya bertuliskan “moeru”: 燃 え る, untuk membakar (dalam hal ini, membakar dengan penuh semangat), atau 萌 え る, untuk kuncup atau mekar. Dalam bahasa Jepang tertulis, lebih umum untuk melihat 萌 え る digunakan, seperti dalam mangabon Dengeki Moeou, yang ditulis 電 撃 萌 え 王.

Dalam beberapa tahun terakhir, telah ada gerakan yang disebut sebagai “moe antropomorfikasi,” yaitu ketika sebuah objek atau konsep digambar sebagai gadis muda yang imut. Contoh paling awal dari ini mungkin adalah OS-tans, yang menggambarkan berbagai sistem operasi komputer sebagai moe girls dan yang berkembang menjadi gadis-gadis konsol video game, gadis ponsel, dan elektronik lainnya. Salah satu antropomorfikasi yang paling sukses secara komersial adalah Strike Witches, sebuah serial anime yang menampilkan karakter yang merupakan antropomorfikasi pilot-pilot Perang Dunia II yang terkenal – seri ini didasarkan pada ilustrasi “mecha musume” karya Fumikane Shimada.

Read :  Kintsugi Adalah Seni Perbaikan Keramik Tradisional Jepang

Karena gadis-gadis “moe” biasanya harus terlihat tidak berdaya dan/atau tidak beruntung, agar dapat menginspirasi penonton laki-laki untuk melindunginya.  Maka mereka cenderung ditampilkan terlihat sangat muda dalam penampilan. Sebuah fakta yang membuat beberapa pemirsa tidak nyaman karena prevalensi lolicon yang sudah ada di anime dunia. Jadi jangan salah ya, lolicon jelas berbeda dengan kesukaan akan karakter moe.

Apa Itu Moe, Arti dan Penjelasannya

Asal Mula Kata Moe

Istilah moe pertama kali muncul di Jepang pada tahun 1990-an dan awalnya digunakan oleh para penggemar anime dan manga untuk merujuk pada perasaan mereka terhadap karakter. Istilah ini segera menjadi populer di kalangan komunitas otaku Jepang.

Karakter Moe

Karakter yang sering dianggap moe biasanya memiliki berbagai ciri-ciri, seperti mata besar, wajah imut, suara yang lembut, dan sifat yang tidak bersalah atau naif. Karakter tersebut sering kali digambarkan dalam situasi yang menarik perhatian penonton atau pembaca.

kapan seseorang merasakan sesuatu itu moe?

  • Keadaan memiliki perasaan yang mendalam terhadap orang atau hal tertentu
  • Perasaan refleks ketika seseorang melihat bishoujo atau gadis kecil, atau hal-hal cantik atau tidak bersalah (polos) lainnya. Kemudian terpesona dan terharu.
  • “Moe” adalah kata yang menunjukkan perasaan cinta yang mulai tumbuh, serta rasa fetis, umumnya terhadap karakter fiksi dari anime, manga, dan game, terutama keterikatan atau obsesi dengan mereka yang memiliki karakteristik khusus tertentu (nekomimi, sikap tsundere [tipe karakter di mana karakter, umumnya wanita, bergantian tsun-tsun, “menunjuk; berarti”, dan dere-dere, “lovey dovey”, maka tsundere. Lihat Sara dari Futakoi]); awalnya digunakan sebagai bahasa gaul di kalangan otaku.
  • Menunjukkan “kekaguman” dari emosi manusia kepada gadis imut dari kejauhan.
Read :  KAZARIGIRI: Seni Memotong Makanan yang Memukau

Kondisi seseorang merasakan Moe

  1. Moe TIDAK termasuk tindakan seksual:
    “Moe” merupakan kekaguman dengan menonton/melihat dari jauh. Itu bukan obyek tindakan seksual. Ada klasifikasi lain seperti “2D-con” untuk mereka yang termasuk perilaku seksual. Melihat bishoujo dan berpikir “Aku ingin melakukannya” adalah keinginan seksual yang normal untuk seorang pria; memandangi biyoujo [美 幼女, seorang gadis yang lebih muda dari seorang bishoujo, identik dengan “loli”. Maachi di Gokujou Seitokai, atau Miku di Zettai Shounen, misalnya] dan berpikir “Aku ingin ditenangkan” adalah “moe”.
  2. Orang yang merasakannya harus lebih kuat:
    Objek “moe” lemah dan tergantung (seperti anak kecil) pada orang itu, atau berada dalam situasi di mana ia tidak bisa menentang (seperti pelayan). Juga, orang tersebut membesarkannya (seperti hewan peliharaan).
    Karenanya, karena menyukai gadis itu seolah-olah mencintai kucing peliharaan, orang tersebut rela menempatkan diri mereka dalam bahaya jika bahaya mendekat. (* Hanya Tsundere: Akan ada saat di mana peran yang lebih kuat dan lebih lemah dibalik)
  3.  Menegaskan situasi saat ini:
    Moe adalah tindakan menikmati “situasi saat ini” dan tidak menginginkan perubahan setelahnya; seseorang ingin menikmatinya selamanya.

Singkatnya, moe adalah istilah yang merujuk pada perasaan sayang dan ketertarikan yang kuat terhadap karakter fiksi yang dianggap menggemaskan atau menarik. Ini adalah fenomena yang berkembang dalam budaya pop Jepang dan telah mempengaruhi banyak aspek industri hiburan Jepang dan dunia otaku secara keseluruhan. Sekian pembahasan mengenai Apa Itu Moe, Arti moe dan Penjelasannya

Shares: