Anime

Apa Itu Panty Shot, Arti dan Penjelasannya

Apa Itu Panty Shot, Arti dan Penjelasannya

Apa Itu Panty Shot atau Paparan celana karakter yang tidak disengaja, mungkin merupakan konsep fan service terbesar di anime dan manga.

Apa itu Panty Shot

Panty Shot adalah adegan yang mengacu pada saat celana seseorang ditampilkan, biasanya secara tidak sengaja. Ini bisa terjadi dalam beberapa cara, yang paling umum termasuk angin membalik rok atau seseorang membungkuk, memperlihatkan pakaian dalamnya. Orang-orang yang tidak mengenakan rok atau gaun tidak dijamin aman dari Panty Shot yang ditakuti, karena jenis pakaian lain kadang-kadang bisa terpeleset atau ditarik ke bawah.

Panty shot atau panchira adalah istilah yang merujuk pada adegan atau momen di anime atau manga di mana karakter perempuan terlihat dari bawah rok atau pakaian bawahannya, menampilkan celana dalamnya. Istilah “panchira” adalah istilah dalam bahasa Jepang yang digunakan untuk menggambarkan situasi di mana celana dalam karakter perempuan terlihat.

Panchira adalah salah satu bentuk fan service yang sering muncul dalam anime, terutama dalam genre “ecchi” atau “harem.” Tujuan dari adegan ini adalah untuk memberikan pemandangan yang menggoda atau erotis kepada penonton, terutama mereka yang tertarik pada unsur-unsur sensual dalam anime. Beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang panchira adalah:

  1. Situasi yang Umum:  panchira sering muncul dalam situasi yang umum, seperti ketika karakter perempuan terjatuh, rok mereka terangkat oleh angin, atau mereka melakukan gerakan tertentu yang menyebabkan celana dalam terlihat.
  2. Reaksi Karakter: Karakter perempuan yang menjadi korban panchira seringkali merasa malu, terkejut, atau marah. Reaksi karakter ini dapat digunakan sebagai sumber humor atau drama dalam cerita.
  3. Desain Pakaian dalam: panchira sering menampilkan desain pakaian dalam yang menarik perhatian atau menggoda. Pakaian dalam ini sering kali dibuat dengan perhatian terhadap detail.
  4. Genre yang Umum: Teknik ini sering muncul dalam genre-genre yang berfokus pada unsur-unsur fan service, seperti “ecchi,” “harem,” atau “komedi romantis.”
  5. Kritik dan Kontroversi: Seperti fan service lainnya, penggunaan  panchira dalam anime sering mendapat kritik karena dianggap mengobjektifikasi karakter perempuan. Reaksi terhadapnya bervariasi, dan beberapa penonton mungkin menilai hal ini sebagai bagian dari estetika anime tertentu, sementara yang lain mungkin menganggapnya tidak sesuai atau merasa tidak nyaman dengan unsur-unsur tersebut.
Read :  Ai Yori Aoshi Enishi

Penting untuk diingat bahwa tidak semua anime menggunakan Panchira, dan ada banyak jenis karya yang tidak bergantung pada elemen tersebut untuk menarik perhatian penonton. Penggunaan fan service dalam anime tergantung pada genre, tujuan artistik, dan audiens target dari suatu karya.

Panty Shot  di Anime & Manga

Panty Shots mulai muncul pada awal 1950-an atau 1960-an dan telah menjadi ide pokok dari anime dan manga bertema fan service. Ini bisa dibilang konsep fan service yang paling berulang di seluruh media. Karakter biasanya sangat malu ketika celana mereka dilihat oleh orang lain, meskipun beberapa benar-benar tidak menyadari hal itu.

Contoh Adegan

  • Agen Aika pada dasarnya berputar di sekitar konsep, menunjukkan beberapa Panty Shots per episode. Dalam banyak kasus, ada kelompok gadis di layar dengan celana mereka dipamerkan sekaligus, terutama karena kenyataan bahwa rok yang mereka kenakan sering pendek-pendek.
  • Sekirei memiliki Panty Shots di hampir setiap episode anime, paling sering selama adegan pertarungan. Karakter wanita dalam franchise ini sedikit perhatian atau rasa malu, sering senang berjalan-jalan telanjang, apalagi dalam pakaian mereka.
  • Is this a Zombie? fitur Panty Shots lucu Ayumu ketika dia dipaksa untuk cross-dress.
  • Dalam K-ON !, Mio menderita Panty Shot yang sangat memalukan di atas panggung selama pertunjukan dengan band-nya. Ini disensor di anime, yang menunjukkan rice bowl bergaris-garis biru dan putih untuk mewakili celana dalamnya. Ini adalah satu-satunya Panty Shot dalam seri ini dan bukan semata-mata untuk layanan penggemar, tetapi juga memberi Mio rintangan yang harus ia atasi untuk membantu rasa malu dan sarafnya ketika ia tampil di atas panggung.

Panty Shot merupakan bagian adegan dalam fan service. Silahkan cek artikel terkait dibawah untuk liat daftar artikel tentang fan service.

Read :  Penggunaan Bikini di Anime dan Manga
Shares: