Anime

4 Simbol Konstelasi Cina, Inspirasi Jalan Cerita Anime

Empat Simbol Konstelasi Cina, Inspirasi Jalan Cerita Anime

Empat Simbol Konstelasi Cina, Bagi para pengemar anime yang menyukai budaya / mitologi / astrologi Asia, pasti pernah menonton beberapa judul anime yang menjadikan mitologi cina sebagai inspirasi di balik sebagian besar jalan ceritanya. Sebagai contoh, kita tidak dapat melihat anime Dragonball dan Shinzo tanpa mitologi Journey to the West atau Naruto tanpa mengetahui Kyubi (musang berekor 9). Nah, selain itu ada juga mitologi Asia yang telah mengilhami banyak top anime yaitu mitologi Empat Simbol Konstelasi cina.

4symbols super

Menurut Astrologi Cina, empat makhluk mitos – Naga Azure dari Timur (Qinglong / Seiryu), Burung Vermillion Selatan (Zhuque / Suzuka), Macan Putih Barat (Baihu / Byakko), dan Kura-kura Hitam dari Utara (Xuanwu / Genbu) – mewakili arah (seperti pada kompas) dan musim (naga = musim semi, burung = musim panas, harimau = musim gugur, dan kura-kura = musim dingin) serta karakteristik dan asal usul mereka sendiri. Di Cina, beberapa mengatakan bahwa mereka berhubungan dengan 5 Elemen (naga = kayu, burung = api, harimau = logam, kura-kura = air, dan pusat = bumi). Ada juga binatang ke-5 – Naga Kuning dari Pusat (Huáng-lóng / Kirin). Di Jepang, mereka dikenal sebagai Four Guardian Spirit of Kyoto (dan binatang ke-5 tidak ada).

Jadi berapa banyak acara anime yang terinspirasi oleh konsep ini? Berikut daftar yang diketahui.

Anime dengan Konsep Konstelasi Cina

Shinzo

“Shinzo,” juga dikenal sebagai “Mushrambo” dalam beberapa bahasa, adalah sebuah anime yang pertama kali dirilis pada tahun 2000. Ini adalah seri yang dibuat oleh Toei Animation dan memiliki elemen-elemen dari genre petualangan, fiksi ilmiah, dan aksi.

Sinopsis:

“Shinzo” berlatar belakang di masa depan yang penuh dengan makhluk mutan mengerikan yang dikenal sebagai Enterrans. Sebagian besar manusia telah musnah, dan dunia sekarang dikuasai oleh Enterrans. Namun, masih ada kelompok manusia yang bertahan hidup dan berjuang untuk kelangsungan hidup mereka.

Cerita ini mengikuti perjalanan Yakumo Tatsuro, seorang gadis manusia yang memiliki kemampuan khusus untuk berkomunikasi dengan Enterrans. Dia bersama dengan beberapa teman manusia dan Enterran lainnya, termasuk Sago, Kutal, dan Mushra, memulai sebuah perjalanan untuk mencari “Shinzo,” sebuah tempat yang dianggap sebagai kunci untuk mengembalikan dunia ke keadaan semula. Mereka harus menghadapi berbagai tantangan dan pertempuran selama perjalanan mereka.

Read :  Arti Yare Yare Daze dan Penjelasannya

Walaupun ceritanya terinspirasi oleh Journey to the West, karakternya diinspirasi oleh Empat Simbol: Mursha = Burung, Sagu = Naga, Kutal = Harimau, dan Bika = Kura-kura (agak mirip).

Digimon Tamers

Digimon Tamers adalah salah satu seri anime dalam franchise “Digimon.” Ini adalah seri ketiga dari waralaba “Digimon” setelah “Digimon Adventure” dan “Digimon Adventure 02.” “Digimon Tamers” pertama kali tayang pada tahun 2001.

Sinopsis:

“Digimon Tamers” berlatar belakang di dunia nyata di Tokyo, Jepang, di mana Digimon adalah permainan kartu dan permainan video populer. Cerita dimulai ketika tiga anak muda yang bernama Takato Matsuda, Rika Nonaka, dan Henry Wong secara tidak sengaja menemukan perangkat Digivice, yang memungkinkan mereka untuk menghidupkan Digimon menjadi nyata.

Setiap anak memiliki Digimon mitra sendiri: Takato memiliki Guilmon, Rika memiliki Renamon, dan Henry memiliki Terriermon. Mereka mulai berpetualang bersama Digimon mereka, tetapi dengan cepat menyadari bahwa dunia Digital bukan hanya permainan dan bahwa ada ancaman besar yang mengintai.

Mereka harus melawan berbagai musuh termasuk Digimon jahat dan organisasi misterius yang ingin mendapatkan kekuatan Digimon. Selama petualangan mereka, mereka juga bertemu dengan anak-anak lain yang memiliki Digimon mitra, membentuk aliansi, dan memahami lebih dalam tentang hubungan antara manusia dan Digimon.

Dengan paruh kedua pertunjukan, sekelompok jahat Digimon menyebut diri mereka Deva, yang melayani Digimon Sovereigns (juga berdasarkan pada empat simbol), percaya bahwa Digimon yang sejati tidak boleh berpasangan dengan manusia (yang kemudian terungkap bahwa mereka sebenarnya salah arah). Digimon Sovereign diberi nama sesuai nama Cinanya. Ada juga Digimon ke-5 yang mengawasi yang lain … yang semacam dijelaskan di Digimon Frontiers.

digimon sovereigns super

Digimon Sovereign ( Ebonwumon, Baihumon, Zhuqiaomon, Azulongmon, and Fanglongmon)

Yu Yu Hakusho

Yu Yu Hakusho adalah salah satu anime dan manga populer yang dibuat oleh Yoshihiro Togashi. Anime ini pertama kali tayang pada tahun 1992-1995, sedangkan manga-nya terbit dari tahun 1990 hingga 1994. “Yu Yu Hakusho” merupakan kombinasi dari beberapa genre, termasuk aksi, petualangan, supernatural, dan supranatural.

Read :  17 Jenis Poke Ball di Anime Pokemon

Sinopsis:

Cerita “Yu Yu Hakusho” berkisah tentang Yusuke Urameshi, seorang remaja nakal yang terkenal karena perilaku buruknya. Namun, suatu hari, dia secara heroik menyelamatkan seorang anak laki-laki yang terjebak di dalam jalur kendaraan. Tindakannya ini mengakibatkan kematiannya, tetapi dia mendapati dirinya di dunia setelah kematian. Setelah serangkaian peristiwa yang tidak biasa, dia diberikan kesempatan kedua untuk hidup sebagai detektif roh di dunia orang mati.

Yusuke harus mengatasi berbagai tantangan di dunia roh, termasuk bertarung dengan makhluk-makhluk supernatural, menjalani berbagai misi, dan mengungkap misteri di balik dunia roh. Dia juga berteman dengan beberapa karakter yang kuat, termasuk Kazuma Kuwabara, Hiei, dan Kurama, yang semuanya memiliki kekuatan supernatural mereka sendiri.

Di musim pertama, ada alur cerita ketiga yang disebut “The Saint Beasts”, di mana Yusuke dan Kuwabara melakukan perjalanan ke dunia iblis bersama Kurama dan Hiei untuk menghentikan Empat (Saint) Beasts dari menyerbu dunia manusia. Mereka adalah penjahat di seri itu, dan karakter mereka diberi nama Jepang daripada nama Cina. Keempatnya terinspirasi dari Simbol Konstelasi Cina.

four saint yu yu hakusho

The Four (Saint) Beasts (Seiryu the Blue Dragon, Byakko the White Tiger, Suzaku the Lightning Phoenix, and Genbu the Stone Turtle)

Selain Anime diatas, ada juga anime lain yang menganut mitologi cina dan Simbol Konstelasi Cina. Seperti yang digambarkan dalam anime Devil Survivor 2: The Animation, Tokyo Majin serta anime Beyblade yang mendunia.

Mengenal Konstelasi Cina atau bintang rasi Cina

Konstelasi Cina, juga dikenal sebagai bintang rasi Cina atau bintang rasi Tiongkok, merujuk pada sekelompok pola bintang yang digunakan dalam tradisi astronomi dan astrologi Tionghoa kuno. Konstelasi Cina memiliki sejarah yang sangat kuno dan unik, dan banyak dari mereka berhubungan dengan mitologi, agama, dan budaya Tiongkok. Berikut beberapa konstelasi Cina yang paling terkenal:

  1. The Azure Dragon of the East (青龙, Qīng Lóng): Ini adalah salah satu dari Empat Makhluk Ilahi (Four Symbols) dalam astrologi Tiongkok. Azure Dragon melambangkan Timur dan musim semi. Konstelasi ini terdiri dari beberapa bintang yang membentuk pola mirip naga. Ini adalah salah satu konstelasi tertua yang dikenal dalam budaya Tiongkok.
  2. The Black Tortoise of the North (玄武, Xuán Wǔ)**: Ini adalah makhluk lain dalam Empat Makhluk Ilahi dan melambangkan Utara dan musim dingin. Konstelasi ini berhubungan dengan penyangga dalam astrologi Tiongkok dan digambarkan sebagai kura-kura hitam.
  3. The White Tiger of the West (白虎, Bái Hǔ)**: Ini adalah salah satu dari Empat Makhluk Ilahi dan melambangkan Barat dan musim gugur. Konstelasi ini terkait dengan perlindungan dan digambarkan sebagai harimau putih.
  4. The Vermilion Bird of the South (朱雀, Zhū Què)**: Ini adalah Empat Makhluk Ilahi terakhir dan melambangkan Selatan dan musim panas. Konstelasi ini terkait dengan kebahagiaan dan keberuntungan, dan digambarkan sebagai burung merah.
  5. The Weaving Maiden (织女, Zhīnǚ)** dan **The Cowherd (牛郎, Niúláng)**: Ini adalah dua konstelasi yang berhubungan dengan legenda cinta klasik Tiongkok, yang dikenal sebagai “Cerita Cowherd dan Weaver Girl.” Konstelasi ini adalah lambang cinta yang dilarang.
  6. The Big Dipper (北斗七星, Běidǒu Qī Xīng)**: Ini adalah konstelasi yang juga dikenal sebagai “The Northern Dipper” atau “The Plough” di beberapa budaya lain. Dalam tradisi Tiongkok, ini adalah salah satu dari “Tiga Belas Konstelasi” dan digunakan dalam navigasi.
  7. The Southern Asterisms (南方二十八宿, Nánfāng Èrshíbā Xiù)**: Ini adalah sekelompok konstelasi kecil yang digunakan dalam astrologi Tiongkok. Mereka digunakan untuk menghitung tanggal dalam kalender Tiongkok tradisional dan juga berhubungan dengan navigasi dan prediksi cuaca.
Read :  7 Kartu Pokemon Termahal di Dunia

Konstelasi Cina memiliki peran penting dalam budaya Tiongkok kuno, terutama dalam astrologi, mitologi, dan tata cara keagamaan. Mereka juga terus digunakan dalam kalender Tiongkok tradisional dan berkontribusi pada pemahaman astronomi dan navigasi di masa lalu.

Sekian pembahasan mengenai Empat Simbol Konstelasi Cina, Inspirasi Jalan Cerita Anime.

Shares: