Budaya JepangJepang

Itako: Dukun Kuno Jepang yang Terhubung dengan Dunia Rohani

apa itu itako

Dalam berbagai budaya di seluruh dunia, kepercayaan terhadap dunia roh dan kemampuan okultisme telah ada sejak zaman kuno. Di Jepang, salah satu bentuk praktisi rohaniah yang menarik perhatian adalah itako. Itako adalah dukun khas Jepang yang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan arwah orang yang telah meninggal.

Asal Usul dan Sejarah Itako

Itako berasal dari masyarakat Ainu, suku asli Hokkaido, Jepang. Tradisi ini berkembang dari budaya Ainu yang kuat dalam spiritualitas dan kepercayaan pada dunia roh. Pada masa lalu, itako dihormati sebagai perantara antara dunia manusia dan dunia roh. Mereka dianggap memiliki kemampuan untuk menghubungi roh-roh leluhur, meramal masa depan, dan menyembuhkan penyakit.

Kemampuan dan Praktik

Itako biasanya merupakan wanita yang telah menjalani latihan khusus untuk mengembangkan kemampuan spiritual mereka. Mereka menggunakan berbagai alat dan ritual untuk memfasilitasi komunikasi dengan roh-roh, seperti meniupkan seruling, menggunakan kain khusus, dan mengalami trans bermeditasi. Dalam sesi itako, mereka dapat menghubungi roh-roh yang telah meninggal dan memberikan pesan kepada keluarga atau teman yang masih hidup.

Peran Sosial dan Budaya

Meskipun praktik ini telah mengalami penurunan seiring dengan modernisasi dan perubahan budaya di Jepang, beberapa dari mereka masih berfungsi hingga saat ini. Mereka sering tampil dalam festival-festival lokal dan acara budaya tradisional. Namun, pandangan masyarakat terhadap itako telah berubah seiring dengan kemajuan zaman. Beberapa melihat mereka dengan kagum dan ingin mengenal tradisi kuno, sementara yang lain meragukan keaslian kemampuan mereka.

Kritik dan Pertimbangan

Praktik itako juga tidak terlepas dari kritik dan keraguan. Beberapa skeptis berpendapat bahwa banyak dari mereka mungkin hanya menggunakan trik dan sugesti untuk menciptakan pengalaman rohaniah. Di era modern yang didominasi oleh ilmu pengetahuan dan teknologi, banyak orang lebih cenderung mencari penjelasan ilmiah atas fenomena-fenomena rohaniah.

Read :  Resep Praktis Takenoko No Tosani

Karakter Itako dalam Dunia Anime

Dalam dunia anime, terdapat beberapa karakter yang terinspirasi oleh konsep itako atau memiliki kemampuan rohaniah serupa. Berikut beberapa contoh karakter itako dalam anime:

  1. Anna Kushina (K) Anna adalah salah satu karakter utama dalam seri anime “K.” Dia adalah anggota dari klan HOMRA, kelompok yang memiliki kekuatan khusus. Anna memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan arwah dan roh, dan dia sering melakukan ritual dan upacara untuk menghubungkan dunia manusia dengan dunia roh.
  2. Reiko Natsume (Natsume’s Book of Friends) Reiko Natsume adalah karakter yang muncul dalam anime “Natsume’s Book of Friends.” Dia adalah nenek dari karakter utama, Takashi Natsume. Reiko adalah seorang itako yang memiliki kemampuan untuk melihat roh dan mengumpulkan kontrak roh dalam “Book of Friends.” Setelah kematian Reiko, buku tersebut diwariskan kepada cucunya, Takashi.
  3. Yukine (Noragami) Yukine adalah salah satu karakter dalam anime “Noragami.” Awalnya, dia adalah roh korosif yang terjebak dalam bentuk espasial oleh amarah dan kebencian. Namun, ketika Yato, dewa langganan, mengambilnya sebagai regalia, Yukine berubah menjadi roh perwujudan senjata yang bisa digunakan dalam pertempuran melawan roh jahat.
  4. Satsuki Miyanoshita (Ghost Stories) Satsuki Miyanoshita adalah karakter utama dalam anime “Ghost Stories.” Dalam anime ini, Satsuki dan teman-temannya berurusan dengan hantu dan fenomena supernatural di sekitar mereka. Meskipun bukan itako dalam arti tradisional, Satsuki memiliki kemampuan khusus dalam berurusan dengan roh-roh dan makhluk gaib.
  5. Oshino Shinobu (Monogatari Series) Oshino Shinobu adalah karakter utama dalam “Monogatari Series.” Meskipun dia awalnya adalah vampire kuat, dia juga memiliki hubungan dengan dunia roh. Karakter ini memiliki wawasan yang mendalam tentang berbagai fenomena supernatural dalam seri ini.
  6. Ai Enma (Hell Girl) Ai Enma adalah karakter utama dalam anime “Hell Girl.” Dia adalah pemilik dan pengelola situs web “Hell Correspondence,” di mana seseorang dapat meminta bantuan untuk mengutuk orang yang mereka benci. Dia memiliki kemampuan untuk menghubungkan orang dengan dunia roh dan membantu mereka melakukan balas dendam.
Read :  Fakta atau Fiksi Sekolah Anime # 3: yang tidak muncul di Anime Sekolah Jepang

Meskipun karakter-karakter ini mungkin memiliki elemen supernatural yang berbeda, mereka memiliki kesamaan dalam kemampuan atau peran mereka dalam berhubungan dengan roh-roh dan dunia rohaniah. Karakter-karakter ini telah memberikan nuansa rohaniah yang menarik dalam dunia anime.

Kesimpulan

Itako adalah bagian dari warisan budaya yang menarik di Jepang. Meskipun tradisi ini telah mengalami penurunan dalam beberapa dekade terakhir, mereka tetap menjadi bagian penting dari sejarah dan kepercayaan spiritual Jepang. Baik sebagai warisan budaya atau sebagai pandangan kritis, itako mengajarkan kita tentang kompleksitas kepercayaan manusia dan upaya untuk memahami hal-hal yang tak terlihat di dunia ini.

Shares: