Anime

17 Jenis Poke Ball di Anime Pokemon

16 Jenis Poke Ball di Anime Pokemon

Poke Ball adalah perangkat fiksi yang digunakan dalam franchise Pokemon, yang diciptakan oleh Satoshi Tajiri dan Ken Sugimori dan diterbitkan oleh Nintendo, Game Freak, dan Creatures. Poke Ball adalah perangkat yang digunakan oleh para pelatih Pokemon untuk menangkap dan menyimpan Pokemon dalam bentuk energi, sehingga mereka dapat dipanggil kapan saja untuk pertarungan atau interaksi.

Mengenal Poke Ball

Berikut adalah beberapa informasi lebih lanjut tentang Poke Ball:

  1. Desain dan Fungsi: Poke Ball dirancang sebagai bola kecil yang dapat digenggam dengan mudah oleh pelatih Pokemon. Ketika seorang pelatih menemui Pokemon liar, mereka melemparkan Poke Ball ke Pokemon untuk menangkapnya. Ketika Pokemon masuk ke dalam Poke Ball, mereka berubah menjadi energi dan disimpan dalam perangkat tersebut.
  2. Variasi: Selama bertahun-tahun, berbagai jenis Poke Ball telah diperkenalkan dalam franchise Pokemon. Beberapa contoh termasuk Great Ball, Ultra Ball, Master Ball, dan banyak lagi. Masing-masing memiliki tingkat keberhasilan yang berbeda dalam menangkap Pokemon yang lebih kuat atau langka.
  3. Penampilan Iconik: Poke Ball memiliki penampilan ikonik yang mudah dikenali oleh penggemar Pokemon. Mereka biasanya memiliki desain berwarna merah dengan garis putih di tengah dan pegangan hitam. Namun, variasi Poke Ball biasanya memiliki warna dan tanda khas yang berbeda.
  4. Peran Sentral: Poke Ball adalah elemen sentral dalam permainan video Pokemon, anime, dan permainan kartu Pokemon. Mereka adalah alat yang digunakan oleh pelatih Pokemon untuk memulai petualangan mereka, menangkap Pokemon baru, dan mengikuti turnamen dan pertarungan Pokemon.
  5. Saat Melempar: Dalam anime Pokemon, pelatih seringkali melemparkan Poke Ball ke udara ketika mereka ingin mengeluarkan Pokemon. Saat melempar, Poke Ball akan membuka secara otomatis dan melepaskan Pokemon ke dalam pertempuran.
  6. Master Ball: Master Ball adalah jenis Poke Ball yang sangat langka dan memiliki tingkat keberhasilan 100% dalam menangkap Pokemon. Ini dianggap sebagai salah satu item paling berharga dalam permainan Pokemon, dan biasanya digunakan untuk menangkap Pokemon legendaris atau langka.

Poke Ball adalah simbol yang sangat dikenal dalam budaya populer dan menjadi identitas visual dari franchise Pokemon. Mereka juga mencerminkan konsep dasar permainan Pokemon, yaitu menangkap, melatih, dan bertarung dengan makhluk-makhluk fiksi yang dikenal sebagai Pokemon.

Jenis Poke Ball

Dalam dunia Pokemon, terdapat berbagai jenis Poke Ball yang digunakan oleh pelatih untuk menangkap dan menyimpan Pokemon. Setiap jenis Poke Ball memiliki tingkat keberhasilan yang berbeda dalam menangkap Pokemon yang berbeda. Berikut adalah beberapa jenis Poke Ball yang paling umum:

  1. Poke Ball : Ini adalah jenis Poke Ball paling dasar dan paling umum. Ini memiliki tingkat keberhasilan standar dalam menangkap Pokemon.
  2. Great Ball : Great Ball lebih kuat daripada Poke Ball biasa dan memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi dalam menangkap Pokemon. Ini sering digunakan untuk menangkap Pokemon yang lebih sulit.
  3. Ultra Ball : Ultra Ball lebih kuat daripada Great Ball dan memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi lagi dalam menangkap Pokemon. Ini biasanya digunakan untuk menangkap Pokemon yang lebih kuat atau langka.
  4. Master Ball : Master Ball adalah jenis Poke Ball yang sangat langka dan paling kuat. Ini memiliki tingkat keberhasilan 100% dalam menangkap Pokemon, sehingga selalu berhasil. Master Ball biasanya digunakan untuk menangkap Pokemon legendaris atau Pokemon yang sangat langka.
  5. Safari Ball : Safari Ball digunakan secara khusus dalam Safari Zone, area khusus dalam permainan Pokemon di mana pemain mencoba menangkap Pokemon liar dengan aturan tertentu. Tingkat keberhasilan dalam Safari Ball bisa bervariasi.
  6. Dusk Ball : Dusk Ball memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi ketika digunakan dalam kondisi gelap atau di dalam gua. Ini adalah pilihan yang baik untuk menangkap Pokemon di malam hari atau dalam gua.
  7. Net Ball : Net Ball memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi ketika digunakan untuk menangkap Pokemon berjenis serangga atau air. Ini adalah pilihan yang baik untuk menangkap Pokemon dengan jenis-jenis tersebut.
  8. Repeat Ball : Repeat Ball memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi ketika digunakan untuk menangkap Pokemon yang sudah pernah ditangkap sebelumnya. Ini memudahkan pelatih untuk mendapatkan lebih banyak salinan Pokemon yang sama.
  9. Timer Ball : Timer Ball memiliki tingkat keberhasilan yang semakin meningkat seiring berjalannya waktu selama pertarungan. Semakin lama pertarungan berlangsung, semakin tinggi tingkat keberhasilannya.
  10. Heal Ball : Heal Ball adalah jenis Poke Ball yang akan mengembalikan kondisi kesehatan Pokemon yang baru ditangkap ke penuh setelah ditangkap.
  11. Luxury Ball : Luxury Ball adalah Poke Ball mewah yang tidak memengaruhi tingkat keberhasilan tetapi membuat Pokemon yang ditangkap di dalamnya lebih ramah dan cepat berkembang.
  12. Nest Ball : Nest Ball adalah salah satu jenis Poke Ball dalam dunia Pokemon yang memiliki tingkat keberhasilan yang bervariasi tergantung pada level Pokemon yang ingin ditangkap. Ini adalah alat yang berguna untuk menangkap Pokemon dengan level yang lebih rendah.
  13. Quick Ball : Quick Ball adalah jenis Poke Ball dalam dunia Pokemon yang memiliki tingkat keberhasilan tinggi ketika digunakan pada awal pertempuran, khususnya pada giliran pertama.
  14. Dive Ball : Dive Ball adalah salah satu jenis Poke Ball dalam franchise Pokemon yang dirancang khusus untuk menangkap Pokemon yang ditemui di bawah air, seperti Pokemon yang ditemukan saat berenang atau menyelam di dalam gua bawah air.
  15. Premier Ball : Premier Ball adalah jenis Poke Ball yang memiliki ciri khas tersendiri dalam franchise Pokemon. Ini adalah salah satu jenis Poke Ball yang cukup unik dan memiliki aturan khusus yang terkait dengan penggunaannya.
  16. Heavy Ball : Heavy Ball adalah salah satu jenis Poke Ball yang berguna untuk menangkap Pokemon yang memiliki berat tinggi atau ukuran besar, tetapi penggunaannya paling efektif ketika berhadapan dengan Pokemon yang sesuai dengan kriteria ini.
  17. GS Ball : GS Ball adalah sebuah objek misterius dalam dunia Pokemon yang muncul dalam anime Pokemon. Nama “GS Ball” sendiri adalah singkatan dari “Gold Silver Ball,” yang mengacu pada permainan Pokemon Gold dan Silver yang dirilis setelah munculnya GS Ball.

Penjelasan Jenis Poke Ball

Setiap jenis Poke Ball memiliki karakteristik dan kegunaan sendiri, dan pemilihan Poke Ball yang tepat dapat membantu pelatih dalam menangkap Pokemon sesuai dengan situasi atau preferensi mereka.

1. Poke Ball

jenis poke ball di pokemon
jenis poke ball di pokemon

Poke Ball adalah perangkat fiksi yang digunakan dalam dunia Pokemon untuk menangkap, menyimpan, dan memanggil Pokemon. Poke Ball adalah salah satu elemen paling ikonik dalam franchise Pokemon. Berikut adalah informasi lebih lanjut tentang Poke Ball:

  1. Penampilan Umum: Poke Ball biasanya memiliki penampilan yang khas, dengan warna merah sebagai warna dasar dan garis putih di tengahnya. Ini adalah desain klasik untuk Poke Ball, tetapi ada banyak variasi Poke Ball dengan warna dan desain yang berbeda.
  2. Fungsi Utama: Poke Ball digunakan oleh para pelatih Pokemon untuk menangkap dan menyimpan Pokemon yang mereka temui di dunia Pokemon. Ketika seorang pelatih ingin menangkap Pokemon liar, mereka melemparkan Poke Ball ke Pokemon tersebut. Pokemon masuk ke dalam Poke Ball, diubah menjadi energi, dan disimpan di dalamnya.
  3. Variasi: Selama bertahun-tahun, berbagai jenis Poke Ball telah diperkenalkan dalam franchise Pokemon. Setiap jenis Poke Ball memiliki tingkat keberhasilan yang berbeda dalam menangkap Pokemon. Beberapa contoh jenis Poke Ball termasuk Great Ball (tingkat keberhasilan lebih tinggi), Ultra Ball (tingkat keberhasilan lebih tinggi dari Great Ball), Master Ball (tingkat keberhasilan 100%), dan masih banyak lagi.
  4. Tingkat Keberhasilan: Tingkat keberhasilan Poke Ball dalam menangkap Pokemon seringkali dipengaruhi oleh sejumlah faktor, termasuk kondisi kesehatan Pokemon yang ditangkap, jenis Poke Ball yang digunakan, dan level Pokemon tersebut.
  5. Kemunculan dalam Anime dan Permainan: Poke Ball adalah elemen yang sangat penting dalam anime Pokemon dan dalam permainan video Pokemon. Dalam anime, karakter utama Ash Ketchum dan pelatih lainnya seringkali menggunakan Poke Ball untuk memanggil Pokemon mereka ke dalam pertempuran. Dalam permainan, pemain mengumpulkan, membeli, dan menggunakan berbagai jenis Poke Ball untuk menangkap dan mengelola Pokemon mereka.
  6. Simbol Franchise: Poke Ball adalah salah satu simbol yang paling dikenal dalam dunia Pokemon dan menjadi ciri khas utama dalam franchise ini. Poke Ball mewakili esensi dari petualangan Pokemon, di mana pelatih berinteraksi dengan, menangkap, dan melatih Pokemon mereka.
  7. Tampilan Visual: Saat sebuah Poke Ball digunakan dalam anime, ia membuka secara dramatis dan melepaskan Pokemon ke dalam pertempuran. Ini adalah momen yang sangat ikonik dalam setiap pertempuran Pokemon.

Poke Ball adalah salah satu elemen sentral dalam dunia Pokemon dan memegang peran penting dalam petualangan dan eksplorasi para pelatih Pokemon. Ini adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan manusia dan Pokemon serta untuk memungkinkan pelatih mengembangkan ikatan dengan makhluk fiksi ini.

2. Great Ball

jenis poke ball di pokemon

Great Ball adalah salah satu jenis Poke Ball yang digunakan dalam dunia Pokemon. Ini adalah peningkatan dari Poke Ball biasa dan memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi dalam menangkap Pokemon. Berikut adalah beberapa informasi lebih lanjut tentang Great Ball:

  1. Penampilan: Great Ball memiliki penampilan yang mirip dengan Poke Ball, tetapi dengan perbedaan utama pada desain. Biasanya, Great Ball berwarna biru dengan garis putih di tengahnya, mirip dengan desain Poke Ball, tetapi berbeda dalam warna.
  2. Tingkat Keberhasilan: Salah satu fitur utama Great Ball adalah tingkat keberhasilannya yang lebih tinggi dibandingkan dengan Poke Ball biasa. Ketika seorang pelatih melemparkan Great Ball untuk menangkap Pokemon, peluang suksesnya lebih besar.
  3. Kapan Menggunakan: Great Ball sering digunakan oleh pelatih Pokemon ketika mereka menemui Pokemon yang dianggap sulit untuk ditangkap dengan Poke Ball biasa. Pokemon yang memiliki tingkat kekuatan yang lebih tinggi atau tingkat kelangkaan yang lebih tinggi biasanya lebih cocok ditangkap dengan Great Ball.
  4. Penggunaan dalam Permainan: Dalam permainan video Pokemon, pemain dapat membeli Great Ball di toko Pokemon. Mereka adalah pilihan yang baik ketika pemain ingin meningkatkan kemungkinan menangkap Pokemon yang kuat atau langka.
  5. Kemunculan dalam Anime: Dalam anime Pokemon, karakter utama Ash Ketchum dan pelatih lainnya seringkali menggunakan Great Ball dalam upaya mereka untuk menangkap atau memanggil Pokemon.
  6. Koleksi: Beberapa pemain Pokemon suka mengumpulkan berbagai jenis Poke Ball, termasuk Great Ball, untuk tujuan estetika atau koleksi. Memiliki koleksi berbagai jenis Poke Ball dapat memberikan variasi visual dalam permainan.
Read :  13 Manga yang Pernah Dilarang Terbit di Dunia

Great Ball adalah salah satu peningkatan dari Poke Ball biasa yang membantu pelatih dalam menangkap Pokemon yang lebih kuat atau langka. Tingkat keberhasilan yang lebih tinggi membuatnya menjadi pilihan yang bijak dalam situasi tertentu, terutama ketika pelatih ingin memastikan kesuksesan penangkapan Pokemon yang penting dalam petualangan mereka.

3. Ultra Ball

jenis poke ball di pokemon

Ultra Ball adalah salah satu jenis Poke Ball yang digunakan dalam dunia Pokemon. Ini adalah peningkatan dari Great Ball dan memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi dalam menangkap Pokemon. Berikut adalah beberapa informasi lebih lanjut tentang Ultra Ball:

  1. Penampilan: Ultra Ball memiliki penampilan yang khas dengan warna dasar biru tua dan garis putih di tengahnya. Desainnya mirip dengan Great Ball, tetapi berbeda dalam warna. Ini memiliki penampilan yang mencolok.
  2. Tingkat Keberhasilan: Salah satu fitur utama Ultra Ball adalah tingkat keberhasilannya yang lebih tinggi dibandingkan dengan Poke Ball biasa dan Great Ball. Ketika seorang pelatih melemparkan Ultra Ball untuk menangkap Pokemon, peluang suksesnya lebih besar daripada kedua jenis Poke Ball sebelumnya.
  3. Kapan Menggunakan: Ultra Ball biasanya digunakan oleh pelatih Pokemon ketika mereka menemui Pokemon yang dianggap sulit untuk ditangkap dengan Poke Ball biasa atau Great Ball. Ini adalah pilihan yang bagus ketika berurusan dengan Pokemon yang kuat atau langka.
  4. Penggunaan dalam Permainan: Dalam permainan video Pokemon, pemain dapat membeli Ultra Ball di toko Pokemon. Mereka adalah pilihan yang baik ketika pemain ingin meningkatkan kemungkinan menangkap Pokemon yang lebih kuat atau langka.
  5. Kemunculan dalam Anime: Dalam anime Pokemon, karakter utama Ash Ketchum dan pelatih lainnya seringkali menggunakan Ultra Ball dalam upaya mereka untuk menangkap atau memanggil Pokemon.
  6. Koleksi: Beberapa pemain Pokemon suka mengumpulkan berbagai jenis Poke Ball, termasuk Ultra Ball, untuk tujuan estetika atau koleksi. Memiliki koleksi berbagai jenis Poke Ball dapat memberikan variasi visual dalam permainan.

Ultra Ball adalah salah satu jenis Poke Ball yang sangat berguna dalam dunia Pokemon, terutama ketika pelatih ingin menangkap Pokemon yang lebih kuat atau langka. Tingkat keberhasilan yang lebih tinggi daripada Poke Ball biasa menjadikannya pilihan yang bijak dalam situasi tertentu, di mana pelatih ingin memastikan penangkapan Pokemon yang penting dalam perjalanan mereka.

4. Master Ball

jenis poke ball di pokemon

Master Ball adalah salah satu jenis Poke Ball yang paling langka dan kuat dalam dunia Pokemon. Ini adalah alat yang dapat menangkap Pokemon dengan tingkat keberhasilan 100%, sehingga selalu berhasil. Berikut adalah beberapa informasi lebih lanjut tentang Master Ball:

  1. Penampilan: Master Ball memiliki penampilan yang sangat khas dengan warna utama adalah biru tua dan garis putih serta merah di tengahnya. Desainnya mencerminkan kesan eksklusif dan kuat.
  2. Tingkat Keberhasilan: Salah satu fitur utama Master Ball adalah tingkat keberhasilannya yang sempurna. Artinya, ketika seorang pelatih melemparkan Master Ball untuk menangkap Pokemon, itu akan selalu berhasil. Ini membuat Master Ball sangat langka dan sangat dihargai dalam dunia Pokemon.
  3. Kapan Menggunakan: Master Ball sering disimpan oleh pelatih Pokemon untuk situasi khusus di mana mereka menemui Pokemon yang sangat langka, kuat, atau legendaris yang mereka ingin pastikan ditangkap. Karena keberhasilannya yang sempurna, Master Ball dianggap sebagai alat terakhir yang digunakan ketika semua usaha lain gagal.
  4. Penggunaan dalam Permainan: Dalam permainan video Pokemon, pemain biasanya hanya menerima satu Master Ball selama permainan, dan itu biasanya digunakan untuk menangkap Pokemon legendaris yang unik dalam permainan tersebut.
  5. Kemunculan dalam Anime: Dalam anime Pokemon, Master Ball telah muncul beberapa kali, dan karakter utama, Ash Ketchum, dan pelatih lainnya memiliki kesempatan untuk menggunakan Master Ball untuk menangkap Pokemon legendaris atau sangat kuat.
  6. Koleksi dan Status: Master Ball sering menjadi simbol prestise dan kemampuan pelatih Pokemon yang tinggi dalam dunia Pokemon. Beberapa pemain Pokemon bahkan memilih untuk tidak menggunakan Master Ball sama sekali dan menjaganya sebagai barang koleksi atau simbol prestise.

Master Ball adalah jenis Poke Ball yang sangat langka dan sangat dihargai dalam dunia Pokemon. Ini adalah alat yang kuat yang memungkinkan pelatih untuk menangkap Pokemon yang sangat istimewa tanpa perlu khawatir tentang tingkat keberhasilan. Oleh karena itu, Master Ball menjadi elemen penting dalam perjalanan seorang pelatih Pokemon yang ambisius.

Baca juga :

5. Safari Ball

jenis poke ball di pokemon

Safari Ball adalah salah satu jenis Poke Ball yang memiliki fungsi khusus dalam dunia Pokemon. Safari Ball digunakan secara eksklusif dalam Safari Zone, area khusus dalam permainan Pokemon di mana pelatih mencoba menangkap Pokemon liar dengan aturan tertentu. Berikut adalah beberapa informasi lebih lanjut tentang Safari Ball:

  1. Penampilan: Safari Ball memiliki penampilan yang unik dengan warna dasar putih dan pola lingkaran merah di sekitarnya. Penampilannya mencerminkan tema eksplorasi dan petualangan di dalam Safari Zone.
  2. Keterkaitan dengan Safari Zone: Safari Ball adalah jenis Poke Ball yang digunakan secara khusus dalam Safari Zone, area tertentu dalam permainan Pokemon yang memungkinkan pelatih untuk menangkap Pokemon liar yang ditemui di dalamnya. Safari Zone memiliki aturan tersendiri, termasuk batasan waktu dan jumlah langkah yang dapat diambil oleh pemain.
  3. Tingkat Keberhasilan: Tingkat keberhasilan Safari Ball bervariasi dalam Safari Zone tergantung pada berbagai faktor, termasuk jenis Pokemon yang ditangkap, kondisi kesehatan mereka, dan berapa banyak langkah yang telah diambil oleh pemain. Terkadang, menangkap Pokemon di Safari Zone bisa menjadi tugas yang sulit.
  4. Penggunaan Tertentu: Di luar Safari Zone, Safari Ball biasanya tidak dapat digunakan oleh pemain untuk menangkap Pokemon. Ini adalah jenis Poke Ball yang memiliki penggunaan khusus hanya di dalam Safari Zone.
  5. Kemunculan dalam Anime: Safari Ball telah muncul dalam anime Pokemon saat karakter utama, Ash Ketchum, dan teman-temannya mengunjungi Safari Zone dalam beberapa episode. Mereka menggunakan Safari Ball untuk mencoba menangkap Pokemon liar yang ada di sana.
  6. Strategi dan Koleksi: Beberapa pemain Pokemon suka menghabiskan waktu di Safari Zone untuk menangkap Pokemon langka atau kuat yang mungkin sulit ditemui di luar sana. Safari Ball juga bisa menjadi bagian dari koleksi pemain, terutama jika mereka mencari variasi jenis Poke Ball.

Safari Ball adalah salah satu jenis Poke Ball yang memiliki fungsi khusus dalam dunia Pokemon, terutama dalam konteks Safari Zone. Penggunaannya yang terbatas pada area ini menjadikannya elemen unik dalam permainan Pokemon yang memberikan tantangan tambahan kepada pelatih yang ingin menambah Pokemon ke dalam tim mereka.

6. Dusk Ball

jenis poke ball di pokemon

Dusk Ball adalah salah satu jenis Poke Ball yang memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi ketika digunakan dalam kondisi gelap, seperti saat malam hari atau di dalam gua. Berikut adalah beberapa informasi lebih lanjut tentang Dusk Ball:

  1. Penampilan: Dusk Ball memiliki penampilan yang khas dengan warna dasar hitam dan bintik-bintik biru keunguan di sekitarnya. Desainnya mencerminkan suasana yang gelap dan misterius.
  2. Tingkat Keberhasilan: Tingkat keberhasilan Dusk Ball lebih tinggi daripada Poke Ball biasa ketika digunakan dalam kondisi gelap. Kondisi gelap yang termasuk adalah malam hari (mulai dari pukul 8 malam hingga 3:59 pagi) atau saat berada di dalam gua atau bangunan bawah tanah.
  3. Penggunaan: Pemain Pokemon dapat menggunakan Dusk Ball selama pertempuran dengan Pokemon liar atau Pokemon milik pelatih lain ketika berada dalam kondisi gelap. Kondisi gelap akan meningkatkan peluang suksesnya.
  4. Efektivitas: Dusk Ball adalah pilihan yang bijak ketika pelatih ingin menangkap Pokemon saat malam hari atau saat berada di dalam gua atau area bawah tanah. Ini membuatnya menjadi alat yang berguna ketika berburu Pokemon selama malam atau menjelajahi gua.
  5. Koleksi: Seperti jenis Poke Ball lainnya, Dusk Ball juga dapat menjadi bagian dari koleksi pemain. Beberapa pemain Pokemon suka mengumpulkan berbagai jenis Poke Ball untuk tujuan estetika atau prestise.

Dusk Ball adalah salah satu jenis Poke Ball yang berguna dalam situasi tertentu, terutama ketika berburu Pokemon dalam kondisi gelap. Peluang sukses yang lebih tinggi dalam kondisi tersebut membuatnya menjadi pilihan yang bijak ketika pelatih ingin menambah Pokemon ke dalam tim mereka selama malam hari atau di dalam lingkungan yang gelap.

7. Net Ball

jenis poke ball di pokemon

Net Ball adalah salah satu jenis Poke Ball yang memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi ketika digunakan untuk menangkap Pokemon yang berhubungan dengan jenis serangga atau air. Berikut adalah beberapa informasi lebih lanjut tentang Net Ball:

  1. Penampilan: Net Ball memiliki penampilan yang khas dengan warna dasar biru dengan pola jaring-jaring berwarna hijau yang melingkari Poke Ball. Desainnya mencerminkan tema serangga dan air.
  2. Tingkat Keberhasilan: Tingkat keberhasilan Net Ball lebih tinggi ketika digunakan untuk menangkap Pokemon yang berhubungan dengan jenis serangga atau air. Ini berarti Net Ball memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi dalam menangkap Pokemon dengan tipe tersebut.
  3. Penggunaan: Pemain Pokemon dapat menggunakan Net Ball untuk menangkap Pokemon baik dalam pertempuran dengan Pokemon liar maupun dalam pertempuran dengan pelatih lain. Ini adalah jenis Poke Ball yang sangat berguna jika pelatih berurusan dengan Pokemon yang termasuk dalam tipe serangga atau air.
  4. Efektivitas: Net Ball adalah pilihan yang bijak ketika pelatih ingin menangkap Pokemon dengan tipe serangga atau air. Tingkat keberhasilan yang lebih tinggi menjadikannya alat yang efektif untuk menangkap Pokemon dengan tipe ini.
  5. Koleksi: Seperti jenis Poke Ball lainnya, Net Ball juga dapat menjadi bagian dari koleksi pemain. Beberapa pemain Pokemon suka mengumpulkan berbagai jenis Poke Ball untuk tujuan estetika atau prestise.
Read :  10 Karakter Pokemon Naga Terkuat dan Terbaik

Net Ball adalah jenis Poke Ball yang sangat berguna ketika pelatih ingin menangkap Pokemon dengan tipe serangga atau air. Tingkat keberhasilan yang lebih tinggi membuatnya menjadi pilihan yang bijak dalam situasi tersebut dan dapat membantu pelatih memperluas tim mereka dengan Pokemon yang sesuai dengan jenis ini.

8. Repeat Ball

jenis poke ball di pokemon

Repeat Ball adalah salah satu jenis Poke Ball yang memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi dalam menangkap Pokemon yang sudah pernah ditangkap sebelumnya. Berikut adalah beberapa informasi lebih lanjut tentang Repeat Ball:

  1. Penampilan: Repeat Ball memiliki penampilan yang khas dengan warna dasar biru dan pola segitiga yang terlihat seperti tombol ulangi (repeat button) di tengahnya. Desainnya mencerminkan tema pengulangan atau perulangan.
  2. Tingkat Keberhasilan: Repeat Ball memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi ketika digunakan untuk menangkap Pokemon yang sudah pernah ditangkap sebelumnya oleh pelatih. Jika pemain telah menangkap Pokemon tersebut sebelumnya, maka Repeat Ball akan memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi.
  3. Penggunaan: Pemain Pokemon dapat menggunakan Repeat Ball selama pertempuran dengan Pokemon yang sudah pernah ditangkap sebelumnya oleh mereka. Ini adalah jenis Poke Ball yang berguna jika pelatih ingin menambah lagi Pokemon yang sudah ada di koleksi mereka.
  4. Efektivitas: Repeat Ball adalah pilihan yang bijak jika pelatih ingin menambah Pokemon yang sudah ada di tim mereka, terutama jika mereka menemui Pokemon tersebut dalam kondisi yang memungkinkan Repeat Ball untuk bekerja dengan baik.
  5. Koleksi: Seperti jenis Poke Ball lainnya, Repeat Ball juga dapat menjadi bagian dari koleksi pemain. Beberapa pemain Pokemon suka mengumpulkan berbagai jenis Poke Ball untuk tujuan estetika atau prestise.

Repeat Ball adalah jenis Poke Ball yang khusus digunakan untuk menangkap Pokemon yang sudah pernah ditangkap sebelumnya. Ini adalah alat yang berguna untuk pelatih yang ingin mengembangkan atau menggandakan koleksi Pokemon mereka dengan Pokemon yang sudah ditemukan sebelumnya.

9. Timer Ball

jenis poke ball di pokemon

Timer Ball adalah salah satu jenis Poke Ball yang memiliki tingkat keberhasilan yang meningkat seiring berjalannya waktu dalam pertempuran. Semakin lama pertempuran berlangsung, semakin tinggi peluang suksesnya. Berikut adalah beberapa informasi lebih lanjut tentang Timer Ball:

  1. Penampilan: Timer Ball memiliki penampilan yang khas dengan warna dasar putih dan pola garis-garis merah dan biru yang menyerupai jarum jam di tengahnya. Desainnya mencerminkan tema waktu dan penghitungan mundur.
  2. Tingkat Keberhasilan: Tingkat keberhasilan Timer Ball meningkat seiring berjalannya waktu dalam pertempuran. Ini berarti semakin lama pertempuran berlangsung, semakin tinggi peluang suksesnya. Pada giliran pertama, tingkat keberhasilannya sama dengan Poke Ball biasa, tetapi akan meningkat secara bertahap setiap 10 giliran.
  3. Penggunaan: Pemain Pokemon dapat menggunakan Timer Ball selama pertempuran dengan Pokemon liar atau Pokemon milik pelatih lain. Jika pertempuran telah berlangsung cukup lama, Timer Ball dapat menjadi alat yang sangat efektif untuk menangkap Pokemon.
  4. Efektivitas: Timer Ball adalah pilihan yang bijak jika pelatih ingin menangkap Pokemon setelah pertempuran yang panjang. Semakin lama pertempuran berlangsung, semakin besar tingkat keberhasilannya, membuatnya sangat berguna ketika berurusan dengan Pokemon yang kuat atau langka yang mungkin memerlukan beberapa giliran untuk diatasi.
  5. Koleksi: Seperti jenis Poke Ball lainnya, Timer Ball juga dapat menjadi bagian dari koleksi pemain. Beberapa pemain Pokemon suka mengumpulkan berbagai jenis Poke Ball untuk tujuan estetika atau prestise.

Timer Ball adalah jenis Poke Ball yang sangat berguna dalam pertempuran yang panjang, di mana peluang keberhasilan terus meningkat seiring berjalannya waktu. Ini membuatnya menjadi alat yang efektif ketika berurusan dengan Pokemon yang memerlukan upaya lebih lama untuk ditangkap dalam pertempuran.

10. Heal Ball

jenis poke ball di pokemon

Heal Ball adalah salah satu jenis Poke Ball yang memiliki fungsi khusus dalam dunia Pokemon. Fungsi utama Heal Ball adalah untuk menyembuhkan Pokemon yang baru saja ditangkap, sehingga Pokemon tersebut akan dalam keadaan sehat saat ditangkap. Berikut adalah beberapa informasi lebih lanjut tentang Heal Ball:

  1. Penampilan: Heal Ball memiliki penampilan yang sangat khas dengan warna dasar merah muda atau pink dan pola bintik-bintik berwarna putih di seluruhnya. Desainnya mencerminkan tema penyembuhan dan kesehatan.
  2. Fungsi Utama: Heal Ball digunakan untuk menangkap Pokemon, tetapi yang membuatnya unik adalah efek penyembuhan yang dimilikinya. Ketika Pokemon ditangkap dengan Heal Ball, Pokemon tersebut langsung diheal (sembuh) dan kondisi kesehatannya menjadi baik, termasuk penyembuhan kondisi status seperti terbakar atau beracun.
  3. Penggunaan: Pemain Pokemon dapat menggunakan Heal Ball untuk menangkap Pokemon baik dalam pertempuran dengan Pokemon liar maupun dalam pertempuran dengan pelatih lain. Ini adalah jenis Poke Ball yang berguna jika pelatih ingin menangkap Pokemon dan segera menggunakan mereka dalam pertempuran tanpa harus pergi ke Pokemon Center untuk menyembuhkan mereka.
  4. Efektivitas: Dalam hal tingkat keberhasilan menangkap Pokemon, Heal Ball memiliki tingkat keberhasilan yang sama dengan Poke Ball biasa. Namun, manfaat utamanya adalah penyembuhan instan yang diberikan pada Pokemon yang ditangkap.
  5. Koleksi: Seperti jenis Poke Ball lainnya, Heal Ball juga dapat menjadi bagian dari koleksi pemain. Beberapa pemain Pokemon suka mengumpulkan berbagai jenis Poke Ball untuk tujuan estetika atau prestise.

Heal Ball adalah jenis Poke Ball yang sangat berguna ketika pelatih ingin menambah Pokemon ke dalam tim mereka dan ingin segera menggunakan Pokemon tersebut dalam pertempuran. Efek penyembuhannya menjadikannya alat yang berguna untuk mengatasi tantangan baru segera setelah penangkapan Pokemon.

11. Luxury Ball

jenis poke ball di pokemon

Luxury Ball adalah salah satu jenis Poke Ball yang digunakan dalam dunia Pokemon. Ini adalah jenis Poke Ball yang dirancang khusus untuk meningkatkan ikatan dan kepercayaan antara pelatih dan Pokemon yang ditangkap. Berikut adalah beberapa informasi lebih lanjut tentang Luxury Ball:

  1. Penampilan: Luxury Ball memiliki penampilan yang khas dengan warna dasar hitam dan pola lingkaran merah cerah di sekitarnya. Desainnya mencerminkan kesan kemewahan dan elegansi.
  2. Fungsi Utama: Luxury Ball digunakan untuk menangkap Pokemon seperti halnya Poke Ball biasa. Namun, yang membuatnya unik adalah efeknya pada Pokemon yang ditangkap. Pokemon yang ditangkap dengan Luxury Ball akan lebih cepat mengembangkan ikatan dan kepercayaan kepada pelatihnya.
  3. Penggunaan: Pemain Pokemon dapat menggunakan Luxury Ball untuk menangkap Pokemon baik dalam pertempuran dengan Pokemon liar maupun dalam pertempuran dengan pelatih lain. Fokus utamanya adalah pada membangun hubungan positif dengan Pokemon yang ditangkap.
  4. Efektivitas: Dalam hal tingkat keberhasilan menangkap Pokemon, Luxury Ball memiliki tingkat keberhasilan yang sama dengan Poke Ball biasa. Namun, manfaat utamanya adalah pada aspek ikatan dan kepercayaan antara pelatih dan Pokemon.
  5. Ikatan dengan Pokemon: Luxury Ball secara simbolis menggambarkan perhatian ekstra yang diberikan oleh pelatih kepada Pokemon yang ditangkap. Ini membantu memperkuat ikatan antara pelatih dan Pokemon, yang dapat membuat Pokemon menjadi lebih patuh dan setia.
  6. Koleksi: Selain digunakan dalam pertempuran, Luxury Ball juga bisa menjadi bagian dari koleksi pemain. Beberapa pemain Pokemon suka mengumpulkan berbagai jenis Poke Ball untuk tujuan estetika atau prestise.

Luxury Ball adalah jenis Poke Ball yang unik karena fokusnya bukan hanya pada menangkap Pokemon, tetapi juga pada membangun ikatan yang kuat antara pelatih dan Pokemon yang ditangkap. Hal ini menjadikannya pilihan yang baik jika pelatih ingin memastikan bahwa Pokemon yang ditangkap akan memiliki hubungan yang positif dengan mereka.

12. Nest Ball

jenis poke ball di pokemon

Nest Ball adalah salah satu jenis Poke Ball dalam dunia Pokemon yang memiliki tingkat keberhasilan yang bervariasi tergantung pada level Pokemon yang ingin ditangkap. Ini adalah alat yang berguna untuk menangkap Pokemon dengan level yang lebih rendah. Berikut adalah informasi lebih lanjut tentang Nest Ball:

  1. Penampilan: Nest Ball memiliki penampilan yang khas dengan pola lingkaran hijau terang di seluruh permukaannya. Warna hijau yang cerah mencerminkan tema “sarang” yang berkaitan dengan nama dan fungsi bola ini.
  2. Tingkat Keberhasilan: Tingkat keberhasilan Nest Ball berdasarkan pada level Pokemon yang ingin ditangkap. Semakin rendah level Pokemon tersebut, semakin tinggi tingkat keberhasilan Nest Ball. Ini berarti Nest Ball lebih efektif untuk menangkap Pokemon dengan level rendah.
  3. Penggunaan: Pemain Pokemon dapat menggunakan Nest Ball dalam pertempuran dengan Pokemon liar atau Pokemon milik pelatih lain. Ketika Nest Ball digunakan, perangkat ini akan mengukur level Pokemon target dan menghitung tingkat keberhasilan berdasarkan aturan tersebut.
  4. Efektivitas: Nest Ball paling efektif saat digunakan untuk menangkap Pokemon dengan level yang rendah, seperti Pokemon yang baru-baru ini ditemui atau Pokemon awal dalam perkembangan mereka.
  5. Strategi: Nest Ball sering digunakan oleh pemain Pokemon yang ingin menambah Pokemon dengan level rendah ke dalam tim mereka atau yang mencari Pokemon yang akan dikembangkan dari level awal.
  6. Penggunaan dalam Anime: Selain dalam permainan video, Nest Ball juga telah muncul dalam anime Pokemon, di mana karakter utama dan pelatih lainnya menggunakan berbagai jenis Poke Ball dalam upaya mereka untuk menangkap atau menyelamatkan Pokemon.
Read :  4 Simbol Konstelasi Cina, Inspirasi Jalan Cerita Anime

Nest Ball adalah salah satu alat yang berguna dalam dunia Pokemon, terutama ketika pelatih ingin menambah Pokemon dengan level rendah ke dalam koleksi mereka. Penggunaannya yang paling efektif tergantung pada tingkat Pokemon yang ingin ditangkap, sehingga menjadi pilihan yang bijak untuk melihat level Pokemon sebelum memutuskan untuk menggunakan Nest Ball.

13. Quick Ball

jenis poke ball di pokemon

Quick Ball adalah jenis Poke Ball dalam dunia Pokemon yang memiliki tingkat keberhasilan tinggi ketika digunakan pada awal pertempuran, khususnya pada giliran pertama. Ini adalah salah satu jenis Poke Ball yang sering digunakan oleh pelatih untuk menangkap Pokemon dengan cepat. Berikut informasi lebih lanjut tentang Quick Ball:

  1. Penampilan: Quick Ball memiliki penampilan yang khas, dengan warna putih dominan dan garis ungu tua di sekitar bodi bola. Desainnya mencerminkan kesan cepat dan efisien.
  2. Tingkat Keberhasilan: Quick Ball memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi saat digunakan pada awal pertempuran, terutama pada giliran pertama saat melawan Pokemon liar. Pada giliran pertama, tingkat keberhasilannya adalah 4x lipat dari tingkat keberhasilan Poke Ball biasa. Ini membuatnya sangat efektif untuk menangkap Pokemon liar dengan cepat.
  3. Digunakan pada Awal Pertempuran: Pemain Pokemon dapat menggunakan Quick Ball selama awal pertempuran, saat melawan Pokemon liar yang pertama kali muncul atau ketika melawan Pokemon yang telah melarikan diri dalam pertempuran sebelumnya.
  4. Efektivitas: Quick Ball sering digunakan oleh pelatih yang ingin menangkap Pokemon dengan cepat dan efisien, terutama jika mereka mencari Pokemon tertentu atau Pokemon langka yang mungkin sulit ditemui lagi.
  5. Penggunaan dalam Anime: Quick Ball juga telah muncul dalam anime Pokemon, di mana karakter utama, Ash Ketchum, dan pelatih lainnya menggunakan Quick Ball dalam upaya mereka untuk menangkap Pokemon selama perjalanan mereka.
  6. Koleksi: Seperti jenis Poke Ball lainnya, Quick Ball juga dapat menjadi bagian dari koleksi pelatih Pokemon. Beberapa pemain Pokemon suka mengoleksi berbagai jenis Poke Ball untuk tujuan estetika atau prestise.

Quick Ball adalah alat yang berguna dalam permainan Pokemon, terutama untuk pelatih yang ingin menangkap Pokemon dengan cepat tanpa harus menghabiskan banyak waktu atau usaha. Penggunaannya yang efektif pada awal pertempuran dapat membantu pelatih mendapatkan Pokemon yang mereka inginkan dengan lebih mudah.

14. Dive Ball

jenis poke ball di pokemon

Dive Ball adalah salah satu jenis Poke Ball dalam franchise Pokemon yang dirancang khusus untuk menangkap Pokemon yang ditemui di bawah air, seperti Pokemon yang ditemukan saat berenang atau menyelam di dalam gua bawah air. Berikut informasi lebih lanjut tentang Dive Ball:

  1. Penampilan: Dive Ball memiliki penampilan yang unik. Biasanya, mereka berwarna biru laut dengan garis putih di tengahnya, mencerminkan tema air. Penampilannya yang khas membuatnya sangat cocok untuk menangkap Pokemon yang hidup di bawah permukaan air.
  2. Keberhasilan: Dive Ball memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi daripada Poke Ball biasa ketika digunakan untuk menangkap Pokemon yang berada di dalam air, seperti Pokemon tipe air atau yang ditemukan saat berenang. Ini membuat Dive Ball menjadi pilihan yang bijak saat berurusan dengan Pokemon di habitat air.
  3. Spesialisasi: Dive Ball adalah salah satu jenis Poke Ball yang disebut “spesialis,” yang berarti mereka lebih efektif dalam situasi tertentu. Di habitat air, Dive Ball sering kali menjadi pilihan yang ideal, karena tingkat keberhasilannya yang lebih tinggi membuatnya lebih mudah untuk menangkap Pokemon air.
  4. Digunakan dalam Permainan: Pemain Pokemon dapat menggunakan Dive Ball selama pertempuran atau saat menemui Pokemon liar yang berada di dalam air, seperti di dalam gua bawah air atau di daerah dengan air. Dengan mengklik Dive Ball, pemain dapat mencoba menangkap Pokemon yang sesuai dengan situasi.
  5. Penampilan dalam Anime: Dive Ball juga telah muncul dalam anime Pokemon. Karakter utama, Ash Ketchum, dan pelatih lainnya seringkali menggunakan Dive Ball untuk menangkap atau memanggil Pokemon yang berada di dalam air.
  6. Koleksi: Sebagian pemain Pokemon suka mengoleksi berbagai jenis Poke Ball, termasuk Dive Ball. Ini memberikan variasi visual dalam permainan dan bisa menjadi bagian dari upaya pemain untuk menyelesaikan koleksi mereka.

Dive Ball adalah salah satu jenis Poke Ball yang menambah dimensi strategis dalam permainan Pokemon, terutama ketika pemain berinteraksi dengan Pokemon yang berada di lingkungan air. Dalam konteks tersebut, Dive Ball menjadi alat yang efektif untuk menambah Pokemon ke dalam tim pelatih.

15. Premier Ball

jenis poke ball di pokemon

Premier Ball adalah jenis Poke Ball yang memiliki ciri khas tersendiri dalam franchise Pokemon. Ini adalah salah satu jenis Poke Ball yang cukup unik dan memiliki aturan khusus yang terkait dengan penggunaannya. Berikut adalah informasi lebih lanjut tentang Premier Ball:

  1. Penampilan: Premier Ball memiliki penampilan yang serupa dengan Poke Ball biasa, tetapi warnanya berbeda. Premier Ball berwarna putih dengan garis merah di tengahnya. Ini memberikan tampilan yang elegan dan istimewa.
  2. Ketersediaan: Biasanya, Premier Ball tidak dijual di toko dalam permainan Pokemon atau digunakan dalam permainan biasa. Namun, Premier Ball diberikan kepada pemain secara gratis saat mereka membeli 10 Poke Ball sekaligus di toko Pokemon. Dengan kata lain, setiap kali pemain membeli 10 Poke Ball, mereka juga akan mendapatkan sebuah Premier Ball.
  3. Tingkat Keberhasilan: Premier Ball sebenarnya memiliki tingkat keberhasilan yang sama dengan Poke Ball biasa. Dalam arti lain, peluang menangkap Pokemon dengan Premier Ball tidak lebih tinggi atau lebih rendah daripada Poke Ball biasa. Ini berfungsi sebagai alternatif estetis untuk Poke Ball biasa.
  4. Penggunaan: Pemain dapat menggunakan Premier Ball dengan cara yang sama seperti Poke Ball untuk menangkap Pokemon selama pertempuran atau saat menemui Pokemon liar. Ini adalah pilihan yang bagus jika pemain ingin menangkap Pokemon dengan estetika yang berbeda.
  5. Kolektor dan Estetika: Premier Ball sering dicari oleh pemain yang ingin mengkoleksi semua jenis Poke Ball yang ada. Mereka juga dapat digunakan untuk menambah variasi estetika dalam permainan, terutama saat menangkap Pokemon yang akan dijadikan koleksi.

Meskipun Premier Ball tidak memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi daripada Poke Ball biasa, hadirnya Premier Ball memberikan nuansa istimewa dalam permainan dan menjadi pilihan populer bagi pemain yang peduli dengan estetika dalam penangkapan Pokemon.

16. Heavy Ball

jenis poke ball di pokemon

Heavy Ball adalah salah satu jenis Poke Ball yang berguna untuk menangkap Pokemon yang memiliki berat tinggi atau ukuran besar, tetapi penggunaannya paling efektif ketika berhadapan dengan Pokemon yang sesuai dengan kriteria ini. Pelatih perlu mempertimbangkan berat Pokemon target sebelum memutuskan apakah Heavy Ball adalah pilihan yang tepat untuk menangkap Pokemon tersebut. Berikut adalah informasi lebih lanjut tentang Heavy Ball:

  1. Penampilan: Heavy Ball memiliki penampilan yang khas dengan warna dasar biru tua. Disebut “berat” karena ada huruf “W” besar berwarna kuning di tengah Poke Ball, yang menunjukkan koneksi dengan berat.
  2. Tingkat Keberhasilan: Tingkat keberhasilan Heavy Ball tergantung pada berat atau ukuran Pokemon yang ingin ditangkap. Semakin berat Pokemon tersebut, semakin tinggi tingkat keberhasilan Heavy Ball. Ini berarti Heavy Ball lebih efektif untuk menangkap Pokemon yang memiliki berat yang signifikan.
  3. Penggunaan: Pemain Pokemon dapat menggunakan Heavy Ball dalam pertempuran dengan Pokemon liar atau Pokemon milik pelatih lain. Ketika Heavy Ball digunakan, perangkat ini akan mengukur berat Pokemon target dan menghitung tingkat keberhasilan berdasarkan aturan tersebut.
  4. Efektivitas: Heavy Ball paling efektif saat digunakan untuk menangkap Pokemon yang memiliki berat tinggi atau ukuran besar, seperti beberapa Pokemon legendaris atau Pokemon yang memiliki evolusi yang besar.
  5. Strategi: Heavy Ball sering digunakan oleh pemain Pokemon yang mencari Pokemon dengan berat yang tinggi atau Pokemon yang memiliki ukuran besar untuk melengkapi tim mereka atau untuk tujuan koleksi.
  6. Penggunaan dalam Permainan: Heavy Ball pertama kali diperkenalkan dalam generasi kedua permainan Pokemon (Pokemon Gold dan Silver) dan terus tersedia dalam permainan-permainan selanjutnya.

17. GS Ball

jenis poke ball di pokemon

GS Ball adalah sebuah objek misterius dalam dunia Pokemon yang muncul dalam anime Pokemon. Nama “GS Ball” sendiri adalah singkatan dari “Gold Silver Ball,” yang mengacu pada permainan Pokemon Gold dan Silver yang dirilis setelah munculnya GS Ball. Berikut adalah informasi lebih lanjut tentang GS Ball:

  1. Penampilan Pertama: GS Ball pertama kali muncul dalam anime Pokemon dalam episode yang disebut “The GS Ball” (Episode 221). Bola ini dikirimkan kepada karakter utama, Ash Ketchum, oleh Professor Ivy, seorang profesor Pokemon yang berlokasi di pulau Orange Archipelago.
  2. Misteri: GS Ball memiliki penampilan yang khusus, dengan warna gold (emas) dan silver (perak) yang mencolok. Namun, apa yang ada di dalamnya menjadi misteri besar dalam cerita. Professor Ivy mengirimkan GS Ball kepada Professor Oak di Pallet Town untuk penelitian lebih lanjut.
  3. Pertempuran Gym Leader: Ash membawa GS Ball bersamanya saat kembali ke Kanto dan menghadapi Gym Leader di wilayah tersebut. Namun, GS Ball tidak memiliki peran dalam pertempuran Pokemon.
  4. Kehadiran di Johto: GS Ball mengilhami Ash untuk pergi ke wilayah Johto dalam permainan Pokemon Gold dan Silver. Namun, dalam seri anime, cerita GS Ball tidak pernah diselesaikan. Pada akhirnya, Ash mengembalikan GS Ball kepada Professor Oak tanpa menjelaskan apa yang ada di dalamnya.
  5. Ketidakjelasan: Sampai saat ini, apa yang sebenarnya ada di dalam GS Ball tetap menjadi misteri. Dalam seri anime, makhluk apa pun yang mungkin ada di dalamnya tidak pernah diungkapkan. Ini menjadi salah satu misteri yang tidak terpecahkan dalam dunia Pokemon.
  6. Kemunculan di Permainan: GS Ball juga muncul dalam beberapa permainan Pokemon sebagai item yang bisa diambil oleh pemain, tetapi tidak memiliki peran penting dalam alur cerita.

Meskipun GS Ball menciptakan ketertarikan dan spekulasi di kalangan penggemar Pokemon, cerita di sekitarnya tidak pernah terselesaikan dalam seri anime. Akhirnya, GS Ball kembali menjadi salah satu elemen misterius dalam dunia Pokemon yang masih menjadi pembicaraan di antara penggemar.

 

Shares: